UNTUK INDONESIA
Jokowi Terkesan dengan Anggrek Hibrida Singapura
Jokowi mengaku terkesan dengan penamaan anggrek yang dipajang di istana Singapura menggunakan nama Ibu Negara Iriana Jokowi.
Jokowi dan PM Lee Hsien Loong sedang melihat anggrek hibrida di The Istana, Singapura, Selasa, 8 Oktober 2019. (Foto: Facebook/Presiden Joko Widodo)

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku terkesan dengan Anggrek Hibrida usai melakukan kunjungan ke Singapura pada Selasa, 8 Oktober 2019. 

Ungkapan itu disampaikan Jokowi dalam akun Facebook pribadinya yang mengatakan sempat ditunjukkan Anggrek Hibrida oleh Perdana Menteri Lee Hsien Loong. 

Nama anggrek silangan itu Dendrobium Iriana Jokowi.

"Di Singapura kemarin, Perdana Menteri Lee Hsien Loong memamerkan kepada saya anggrek Dendrobium Iriana Jokowi yang tengah mekar di jambangan bunga di ruang utama The Istana," tulisnya pada Rabu, 9 Oktober 2019.

Menurut Jokowi, nama bunga jenis anggrek itu diambil dari nama Ibu Negara Indonesia saat ini. "Nama anggrek hibrida ini memang diambil dari nama Ibu Negara," sambung dalam keterangan itu.

Kemudian Jokowi menceritakan awal mulanya ketika dirinya pada tahun 2015 melakukan kunjungan kehormatan di Singapura, lantas nama istrinya diabadikan menjadi nama bunga yang dipajang istana PM Singapura itu. 

"Ceritanya, empat tahun lalu, kami mendapat kehormatan sebagai tamu di Singapore Botanic Gardens, Singapura. Oleh tuan rumah, nama Ibu Negara kemudian diabadikan untuk satu jenis spesies anggrek yang baru disilangkan di kebun botani negeri itu. Nama anggrek silangan itu Dendrobium Iriana Jokowi," tulisnya lagi.

Sebelumnya, Jokowi melakukan kunjungan kenegaraan ke Singapura, pada Selasa, 8 Oktober 2019. 

Dalam pertemuan itu, Jokowi menyambut baik tindak lanjut dari kesepakatan yang dicapai dalam pertemuan Indonesia-Singapura pada 2018. Perkembangan tersebut antara lain pengembangan kawasan industri Kendal yang menjadi ikon kerja sama kedua negara.

"Kami menyambut baik tindak lanjut kesepakatan Leaders' Retreat tahun lalu, antara lain bertambahnya tenants di Kendal Industrial Park, berkembangnya Nongsa Digital Park, dan dukungan Singapore Economic Development Board bagi pembukaan operasi perusahaan Pegatron di Batam," ujar Jokowi.

Kedua negara juga sepakat memperkuat kerja sama di bidang pendidikan vokasional dalam bentuk operasionalisasi politeknik Kendal dan kegiatan pelatihan bagi para instruktur serta inisiatif RISING (Republic of Indonesia and Singapore) Fellowship.

Di samping itu, keduanya juga sepakat untuk mendorong penyelesaian proses ratifikasi perjanjian investasi bilateral (bilateral investment treaty) serta peningkatan kerja sama di bidang perdagangan elektronik, teknologi finansial, layanan data, pengembangan techno park, serta regional innovation hub.

"Terima kasih Perdana Menteri Lee, mari kita bekerja sama untuk kemakmuran dua negara dan masyarakat kita," tutur Jokowi. []

Berita terkait
Jokowi Terbuka Singapura Danai Infratruktur Indonesia
Presiden Jokowi buka peluang Singapura untuk bekerja sama mendanai sejumlah proyek infrastruktur di Indonesia.
Jalan di Toba Diperbaiki Hanya Saat Kedatangan Jokowi
Jalinsum di Desa Jangga Toruan, Kecamatan Lumban Julu, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara, terlihat rusak parah.
Sri Mulyani dan Dua Srikandi Menteri Andalan Jokowi
Yasin Mohammad mengatakan tiga srikandi menteri, Susi Pudjiastuti, Sri Mulyani, dan Retno Marsudi akan kembali lagi dilantik Jokowi
0
Figur Milenial Panaskan Pilkada Labuhanbatu 2020
Salah seorang tokoh muda di Kabupaten Labuhanbatu, Sumatera Utara, Ridwan Dalimunthe memanaskan bursa pencalonan Pilkada 2020.