Jokowi Serahkan Bantuan Hibah Rp 1,2 Juta Bagi UMKM

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) menyerahkan bantuan hibah sebesar Rp 1,2 juta bagi pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM).
Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) menyerahkan bantuan kepada pelaku UMKM. (Foto: Tagar/Instagram/jokowi)

Jakarta - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) menyerahkan bantuan hibah sebesar Rp 1,2 juta bagi pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) yang terdampak pandemi Covid-19.

"Saya menjadi tuan rumah bagi 20 pelaku usaha mikro yang datang ke Istana Merdeka, pagi ini. Kami bertemu di halaman istana dan duduk secara berjarak. Pertemuan ini diikuti pula secara virtual oleh 100 pelaku usaha lain di sejumlah kota," tulis Jokowi dalam unggahan Instagramnya, yang dilihat Sabtu, 31 Juli 2021. 

Jokowi mengatakan memberikan Bantuan Presiden Produktif Usaha Mikro (BPUM) kepada para pelaku usaha mikro di seluruh Indonesia yang saat ini sedang mencoba bangkit kembali. 


Saya berharap para pelaku usaha untuk tetap bertahan sekuat tenaga hingga vaksinasi yang secara gencar dilakukan pemerintah telah berhasil membentuk kekebalan komunal di masyarakat.


"Pada kesempatan ini saya menyerahkan Bantuan Presiden Produktif Usaha Mikro (BPUM) kepada para pelaku usaha mikro di seluruh Indonesia. Pemerintah membagikan Banpres Produktif sebesar Rp 15,3 triliun kepada 12,8 juta pelaku usaha mikro dan kecil pada tahun 2021 ini," ucapnya. 

Hal ini dilakukan, kata Jokowi, untuk mendorong ekonomi masyarakat pelaku usaha mikro dan kecil yang terdampak langsung oleh pandemi Covid-19. 

"Bantuan hibah sebesar Rp1,2 juta per orang tersebut untuk mendorong ekonomi masyarakat pelaku usaha mikro dan kecil yang terdampak langsung oleh pandemi Covid-19," ujarnya.

Ia juga berharapa melalui bantuan ini pelaku usaha dapat tetap bertahan di tengah-tengah bencana yang belum juga usai, sementara pemerintah sedang berjibaku untuk membentuk kekebalan komunal. 

"Saya berharap para pelaku usaha untuk tetap bertahan sekuat tenaga hingga vaksinasi yang secara gencar dilakukan pemerintah telah berhasil membentuk kekebalan komunal di masyarakat," kata Jokowi.

Ia juga berpesan untuk selalu bekerja keras dan menerapkan protokol kesehatan yang baik, memakai masker jika hendak berpergian, menjaga jarak dan menghindari kerumunan. 

"Selamat bekerja keras. Jangan lupa terus memakai masker, selalu menjaga jarak, dan tidak berkerumun. Ini penting sekali agar penularan Covid-19 tidak lebih meningkat lagi," ucapnya. []

Berita terkait
Presiden Jokowi Serahkan Banpres Produktif Usaha Mikro
Presiden Jokowi serahkan Bantuan Presiden Produktif Usaha Mikro (BPUM) Tahun 2021 secara simbolis kepada 20 perwakilan penerima bantuan
Empat Arahan Jokowi Untuk Tingkatkan Ketangguhan Hadapi Bencana
Presiden Jokowi membuka Rakornas BMKG dengan menyampaikan empat arahan untuk tingkatkan ketangguhan hadapi bencana
Jokowi Minta Diberikan yang Relevan Dengan Zaman Bagi Mahasiswa
Presiden Jokowi mengatakan agar menyiapkan pengetahuan dan keterampilan yang relevan dengan zaman bagi mahasiswa
0
Bulu Tangkis Olimpiade Pemain Lama Tersingkir Wajah Baru Muncul
Cabang olahraga bulu tangkis di Olimpiade Tokyo 2020 selama seminggu terakhir telah menjadi kisah yang penuh kekecewaan