UNTUK INDONESIA
Jokowi: Renovasi Masjid Istiqlal Rp 475 Miliar
Presiden Jokowi merenovasi Masjid Istiqlal setelah 41 tahun tidak diperbaiki. Pemerintah menggelontorkan dana hingga Rp 475 miliar.
Jokowi usai melakukan pengecekan di sekitar Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Jumat, 7 Februari 2020. (foto: Tagar/Popy Sofy).

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menargetkan hasil renovasi Masjid Istiqlal di Jakarta, dapat maksimal dan akan selesai pada bulan April 2020. Pemerintah dalam hal ini mengucurkan dana hingga Rp 475 miliar. 

"Bulan 4 (April) Insya Allah sudah selesai semua," kata Jokowi usai melakukan pengecekan di sekitar Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Jumat, 7 Februari 2020.

Jokowi mengatakan ini merupakan renovasi besar-besaran yang dilakukan di masjid terbesar di Asia Tenggara itu untuk yang pertama kalinya sejak 41 tahun lalu. 

Jokowi: Ini adalah renovasi besar sejak 41 tahun yang lalu. Karena anggaran yang diperlukan untuk ini cukup gede. Rp 475 miliar yang dipakai untuk memperbaiki.

Menurut mantan Gubernur DKI Jakarta itu, untuk merenovasi Masjid Istiqlal juga menghabiskan biaya yang tidak sedikit.

"Ini adalah renovasi besar sejak 41 tahun yang lalu. Karena anggaran yang diperlukan untuk ini cukup gede. Rp 475 miliar yang dipakai untuk memperbaiki, memoles lantai, mengganti karpet, lighting, sound system, semuanya. Menambah basement yang di depan, parkirnya basement-nya ditambah sehingga nanti parkir tidak masuk ke sini," ucapnya.

Selain itu, Jokowi juga menjelaskan ada beberapa detail yang diperbaharui di lingkungan Masjid Istiqlal.

"Juga pembangunan lanskap di luar, bukan hanya interior, eskterior semuanya dibangun. Sungai yang ada di lingkungan Istiqlal semua diperbaiki sehingga tamannya menjadi lebih bagus lagi," kata dia.

Beberapa masukan juga didapat Jokowi. Dia mengatakan perubahan infrastruktur juga menjadi pertimbangan dalam merenovasi masjid bersejarah ini.

"Juga tadi ada usulan dibuat terowongan dari Masjid Istiqlal ke Gereja Katedral. Tadi sudah saya setujui sekalian. Sehingga ini menjadi sebuah terowongan silaturahmi. Tidak kelihatan berseberangan tapi silaturahmi," kata Jokowi. []

Berita terkait
Apabila Kebakaran Hutan, Jokowi Ancam Pecat Pejabat
Presiden Jokowi mengancam akan mengambil sanksi tegas dengan memecat pejabat apabila terjadi kebakaran hutan dan lahan (karhutla).
Jokowi Targetkan Peta Tematik Selesai Desember 2020
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan pemerintah telah membuat 84 peta tematik dari 85 target peta yang dibuat yang selesai Desember 2020.
Jokowi Tunjukkan Rasa Bangga pada Industri Nasional
Presiden Jokowi memandang industri Indonesia sekarang ini telah mampu menciptakan banyak produk teknologi unggulan.
0
Gempa 5,6 SR Guncang Tapanuli Bagian Selatan Sumut
Gempa dengan kekuatan 5,6 Skala Richter mengguncang wilayah Tapanuli Bagian Selatan, Sumatera Utara.