Jokowi Optimis Tatap Piala Dunia Basket FIBA

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bakal memaksimalkan penyelenggaraan Piala Dunia Basket atau FIBA di Indonesia tahun 2023 mendatang.
Presiden Jokowi di Kecamatan Sukajaya, Bogor, Senin, 3 Februari 2020. (foto: Twitter/@Jokowi).

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bakal memaksimalkan penyelenggaraan Piala Dunia Basket atau FIBA tahun 2023 mendatang. 

Menurutnya, Indonesia sebagai tuan rumah harus bisa memanfaatkan kepercayaan dunia terhadap ajang internasional bergengsi ini.

Jokowi berpesan pada jajaran menteri dan pejabat publik lainnya, agar mempersiapkan berbagai hal sebaik mungkin menyambut momen langka ini.

Juga di dalamnya dalam rangka mempromosikan wajah baru Indonesia, memperkenalkan pariwisata, dan lain-lain

"Indonesia, Filipina, dan Jepang terpilih sebagai tuan rumah bersama Piala Dunia FIBA 2023. Ini merupakan kepercayaan dunia internasional kepada negara kita yang harus kita manfaatkan sebaik-baiknya," kata Jokowi di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa, 18 Februari 2020.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga meminta seluruh jajarannya sudah bisa mulai menyicil persiapan, dengan menyiapkan aturan hukum atau regulasi sebagai dasar bagi penyelenggaraan Piala Dunia Basket 2023.

Baca juga: Indonesia Tuan Rumah Piala Dunia FIBA 2023

"Juga segera disiapkan dan bentuk organizing committee (OC) nya yang menyiapkan rancangan kegiatan secara komprehensif, mulai dari perencanaan, penganggaran, kegiatan pra-event termasuk keamanan dan pengamanan, kesehatan, dan lain-lainnya. Juga di dalamnya dalam rangka mempromosikan wajah baru Indonesia, memperkenalkan pariwisata, dan lain-lain," ucapnya.

Persiapan, menurut dia sangat diperlukan, agar para olahragawan Indonesia memiliki kemampuan bersaing secara profesional, serta bisa mengharumkan nama Indonesia ke dunia Internasional dengan sederet prestasi yang membanggakan.

"Saya juga minta disiapkan persiapan untuk timnas bola basket yang tangguh dan bermental dalam rangka Piala Dunia Basket FIBA 2023 yang akan datang," kata Jokowi. []

Berita terkait
FIBA Akan Berikan Sertifikasi Internasional Untuk Wasit Asian Games
Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) berencana memberikan sertifikasi internasional bagi wasit basket 3X3 yang diproyeksikan Asian Games 2018.
Calon Tuan Rumah FIBA 2023, Indonesia Bersaing dengan Argentina-Uruguay
Calon tuan rumah Piala Dunia Bola Basket FIBA 2023 mendatang, Indonesia akan bersaing dengan kandidat lainnya yaitu Argentina-Uruguay.
0
Ditemukan 215 Kerangka Anak-anak Penduduk Asli di Kanada
PM Kanada sebut penemuan lebih dari 200 kerangka anak-anak yang dikubur di bekas sekolah asrama penduduk asli bukan insiden terpisah