Jokowi Menang!

Hasil hitung cepat atau quick count enam lembaga survei menunjukkan Jokowi menang, Jokowi-Ma'ruf pemenang Pilpres 2019.
Presiden Joko Widodo menunjukkan surat suara saat menggunakan hak pilihnya di TPS 008, Gambir, Jakarta, Rabu (17/4/2019). (Foto: Antara/Akbar Nugroho Gumay)

Jakarta - Banyak lembaga survei mengeluarkan hasil quick count sesuai anjuran Komisi Pemilihan Umum (KPU) setelah pukul 15.00 WIB, Rabu 17 April 2019. Pantauan Tagar pukul 15.00 WIB, hasil hitung cepat (quick count) enam lembaga survei menempatkan pasangan calon presiden-calon wakil presiden nomor urut 01 Joko Widodo atau Jokowi dan Ma'ruf Amin sebagai pemenang Pilpres 2019.

Hasil quick count enam lembaga survei adalah sebagai berikut:

1.  CSIS-Cyrus  

Dari hasil hitung cepat itu terlihat Paslon Jokowi- Ma'ruf  mengungguli Paslon nomor urut 02 Prabowo-Subianto. Ini hasilnya:

01. Jokowi-Ma'ruf: 56,5%

02. Prabowo-Sandiaga: 43,5%

2. Charta Politika

Hasil hitung cepat atau quick count Charta Politika, Rabu (17/4/2019) hingga pukul 15.09 WIB, pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin mengungguli paslon Prabowo- Sandiaga. Adapun hasi hitung cepat antar paslon itu adalah:

Jokowi-Maruf :54,22 persen suara

Prabowo- Sandiaga: 45,78 persen suara

Perolehan tersebut merupakan angka dari laporan yang masuk sebesar 49,03 persen dari total tempat pemungutan suara (TPS) sampel.  

3.  Poltracking Indonesia

Hasil hitung cepat atau quick count Poltracking Indonesia pada Rabu (17/4) hingga pukul WIB, pasangan Jokowi Maruf juga terlihat mengungguli Prabowo-Subianto. Adapun hasil hitung cepat tersebut adalah

Joko Widodo-Ma'ruf Amin : 56,47 persen suara

Prabowo- Sandiaga : 43,53 persen suara

4.  Indikator Politik Indonesia

Hasil hitung cepat atau quick count Indikator Politik Indonesia, Rabu (17/4/2019) hingga pukul 15.10 WIB, pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin masih terlihat unggul dibandingkan dengan Prabowo-Sandiaga.

Joko Widodo-Ma'ruf Amin : 55,97 persen suara

Prabowo-Sandiaga : 44,03 persen suara

5.  Indo Barometer

Hasil quick count Indo Barometer pada pukul 15.00 WIB, total suara masuk 32.25 persen. Berikut hasil rincian hitung cepat:

Jokowi-Ma'ruf Amin: 55,80 Persen

Prabowo-Sandiaga Uno: 44,20 Persen

Quick count Quick Count Indo Barometer dilakukan di 1.200 TPS sebagai sampel, dari 809.497 yang tersebar di 34 provinsi.

6. Saiful Mujani (SMRC)

Hasil quick count SMRC pada pukul 15.00 WIB, total suara masuk 46 persen. Berikut hasil rincian hitung cepat:

Jokowi-Ma'ruf Amin: 55,33 Persen

Prabowo-Sandiaga Uno: 44,67 Persen

Optimis Menang

Sebelumnya, calon presiden petahana Joko Widodo (Jokowi) yakin optimis menang dalam pemilihan presiden (pilpres 2019).

"Ya selalu dalam dalam bekerja kita ini optimis terus," kata Jokowi usai memberikan suara di TPS 008 yang berlokasi di gedung Lembaga Administrasi Negara (LAN) kelurahan Gambir, kecamatan Gambir, Jakarta Pusat pada Rabu 17 April 2019.

Jokowi bersama Iriana Joko Widodo tiba di TPS 008 pada pukul 10.17 WIB. Keduanya kompak mengenakan kemeja putih seperti yang selama ini ia sampakan dalam kampanye yaitu mengenakan baju putih.

Jokowi mendapat nomor urut 154 dalam daftar pemilih tetap (DPT) sedangkan Iriana mendapat nomor urut 155 di TPS tersebut.

Keduanya pun harus menunggu sekitar lima menit setelah datang ke TPS sebelum dapat mencoblos di bilik suara.

Namun, Jokowi mengaku belum memprediksi hasil kemenangannya.

"Ya nanti dilihatlah sabar tinggal berapa jam juga sudah kelihatan," ujar Jokowi singkat.

Ia mengaku belum ada rencana untuk bertemu dengan para ketua umum partai politik maupun memantau hasil quick count di lokasi khusus.

"Enggak (ada pertemuan)," ungkap Jokowi.

Jokowi pun belum punya rencana untuk bertemu dengan pasangan calon wakil presidennya Ma'ruf Amin.

"Belum, belum," jawab Jokowi saat menjawab pertanyaan wartawan tentang rencana pertemuan dengan Ma'ruf Amin.

Setelah mencoblos, keduanya kompak memasukkan kertas suara ke kotak suara lalu mencelupkan jari kelingking ke tinta dan menunjukkannya kepada wartawan.

Di TPS tersebut hadir juga Sekretaris Kabinet Pramono Anung, ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Erick Thohir, Ketua DPRD DKI Jakarta yang juga politikus PDI-Perjuangan Prasetyo Edi Marsudi yang juga mengenakan kemeja putih. []

Baca juga:

Berita terkait
0
Mengenal Efek Samping Kebanyakan Minuman Berenergi
Mengenal efek samping minuman berenergi yang di dalamnya terdapat kafein dan lebih banyak gula serta bahan lainnya jika dikonsumsi terlalu banyak.