Jokowi Ingin IPB Menjadi Kampus Pelopor Inovasi Pertanian

Indonesia punya banyak potensi di bidang pangan yang belum dikembangkan secara optimal, sehingga perlu lebih banyak inovasi.
Presiden RI Joko Widodo. (Foto: Tagar/Biro Pers Sekretariat Presiden)

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) berharap IPB University menjadi kampus pelopor inovasi di bidang pertanian dan kelautan untuk memberikan solusi cerdas bagi masyarakat, bangsa, dan negara.

"IPB University agar semakin banyak melahirkan inovasi yang dapat memberikan solusi cerdas bagi masyarakat, khususnya untuk peningkatan kesejahteraan petani dan nelayan," kata Presiden Jokowi saat menghadiri Dies Natalis ke-58 IPB University, Rabu, 1 September 2021

Menurut Jokowi, saat ini inovasi pertanian sangat penting karena Indonesia menghadapi tren 4.0 dan tantangan pembangunan pertanian semakin kompleks.

"Pemerintah terus berupaya mengubah cara pandang petani, dari pertanian tradisional menjadi pertanian modern, terus melakukan inovasi untuk pengembangan teknologi produksi dan distribusi," ujarnya.




Dengan inovasi yang dilakukan, IPB dapat berkontribusi menghasilkan smart shortcut dalam peningkatan daya saing Indonesia di bidang pangan dan pertanian.




Presiden Jokowi juga mengajak sivitas akademika IPB University untuk menjadikan kampus itu sebagai pelopor inovasi, menciptakan ruang yang makin nyaman bagi pemikiran dan karya-karya inovatif, menemukan inovasi yang memberikan solusi cerdas bagi masyarakat, khususnya untuk peningkatan kesejahteraan petani, serta memperkuat hilirisasi riset dengan membangun jalinan yang kuat bersama dunia industri.

"Dengan inovasi yang dilakukan, IPB dapat berkontribusi menghasilkan smart shortcut dalam peningkatan daya saing Indonesia di bidang pangan dan pertanian," katanya.

Jokowi menambahkan, Indonesia memiliki banyak potensi di bidang pangan yang belum dikembangkan secara optimal, sehingga perlu lebih banyak inovasi untuk meningkatkan produktivitas, kualitas, inovasi untuk substitusi ekspor, inovasi untuk meningkatkan daya saing produk pangan, obat herbal, buah-buahan, dan potensi-potensi agromaritim lainnya. []


Baca Juga:

IPB Jelaskan Gejala Hewan Terinfeksi Virus Corona

Kolaborasi Ikatan Alumni ITB Unpad UI IPB Membangun Jawa Barat

Bertahan Jual Alat Pertanian di Sukabumi Kala Pandemi

Menteri Pertanian: Tanah di Aceh Subur dan Punya Potensi










Berita terkait
Ekspor Komoditas Pertanian Dongkrak Kesejahteraan Petani
Presiden Jokowi meminta agar petani diperkuat dengan akses permodalan, inovasi teknologi, dan pendampingan
Airlangga: Pemerintah Terus Kuatkan Sektor Pertanian
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan bahwa pemerintah terus melakukan penguatan di sektor pertanian Indonesia.
Presiden Jokowi Lepas Ekspor Komoditas Pertanian Tujuan 61 Negara
Mentan Syahrul Yasin Limpo jelaskan nilai total ekspor ke 61 negara dari 17 pelabuhan tahun 2021mencapai Rp 7,29 triliun
0
Jokowi Ingin IPB Menjadi Kampus Pelopor Inovasi Pertanian
Indonesia punya banyak potensi di bidang pangan yang belum dikembangkan secara optimal, sehingga perlu lebih banyak inovasi.