UNTUK INDONESIA
Jokowi: Ekonomi Tumbuh Jika Infrastruktur Baik
Presiden Joko Widodo (Jokowi) ingin menuntaskan pembangunan infrastruktur di daerah untuk menggeliatkan ekonomi, agar dirasakan merata.
Presiden Joko Widodo memberikan keterangan kepada awak media di Mall Neo Soho Central Park, Jakarta Barat, Selasa, 12 November 2019. (foto: Tagar/Popy Sofy).

Jakarta Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan proyek pembangunan infrastruktur yang belum tuntas masih akan dilanjutkan dalam periode kedua pemerintahannya. 

Rumusnya itu jelas, kalau infrastruktur itu baik maka pertumbuhan ekonomi itu pasti akan tumbuh.

Menurutnya, peningkatan ekonomi akan berkesinambungan dengan pemerataan pembangunan infrastruktur di Indonesia. Hal tersebut dia sampaikan dalam forum diskusi A1 yang digelar di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Kamis, 14 November 2019.

"Memang harus seperti itu, mendahului dulu. Karena rumusnya itu jelas, kalau infrastruktur itu baik maka pertumbuhan ekonomi itu pasti akan tumbuh. Kalau kita menunggu ekonominya tumbuh dulu baru infrastruktur diberikan, ya itu sampai kapanpun kita hanya menunggu," kata dia.

Jokowi melanjutkan, pembangunan infrastruktur menjadi pekerjaan dan agenda besar pemerintah. Pada periode pertama pemerintahannya, kata dia, sudah ada beberapa infrastruktur yang sudah rampung. 

Namun, hal tersebut menurutnya perlu diintegrasikan satu sama lain. Sebab, dapat berefek optimal terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia

"Kita harus berani memutuskan. Ya ini langsung bangun airportnya, ya ini harus bangun jalannya," tuturnya.

Jokowi mengimbau kepada para pihak bahwa pekerjaan infrastruktur memang belum sepenuhnya selesai. Apabila rampung, maka dapat memberi manfaat yang bisa dirasakan jangka panjang.

Mantan Gubernur DKI Jakarta periode 2012-2014 ini menjelaskan, dirinya kerap turun langsung menemui masyarakat untuk mencari tahu potensi pengembangan suatu daerah dan fasilitas infrastruktur yang dibutuhkan daerah untuk mencapai kemajuan yang ia targetkan.

Dengan langsung terjun kelapangan, dia meyakini seluruh kebutuhan serta perbaikan yang perlu dilakukan bisa segera dikerjakan.

"Apa yang dibutuhkan oleh sudut-sudut yang ada di setiap provinsi, di setiap daerah, itu ya harus dikerjakan. Sehingga nantinya akan terjadi sebuah pemerataan ekonomi yang sesuai dengan apa yang kita inginkan, yaitu keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia," kata Jokowi. [] 

Berita terkait
Golkar Kerja Keras Wujudkan Visi Jokowi
Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto mengajak seluruh kader untuk bekerja keras menyukseskan program Jokowi-Maruf.
Jokowi: Aparat Hukum Memeras Birokrat dan Pejabat
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan banyak menerima laporan mengenai oknum aparat hukum yang kerjaannya memeras birokrat dan pejabat.
Jokowi Tidak Ingin Regulasi dan Peraturan Berbelit
Presiden RI Jokowi menginginkan regulasi dan peraturan yang dibuat pemerintah ke depannya tidak lagi berbelit.
0
Kajatisu: Tugas Jaksa Mengawal Proyek yang Diganggu
Kajati Sumatera mempunyai dua kewenangan, yakni mengawal proyek strategis dan memberikan pendapat hukum maupun pendamping hukum.