UNTUK INDONESIA
Jokowi Bakal Berkunjung ke Sumbar, Ini Agendanya
Presiden Joko Widodo dijadwalkan berkunjung ke Sumatera Barat pekan kedua Desember 2019.
Dirjen Informasi dan Komunikasi Pubik, Kementerian Kominfo, Widodo Muktiyo melakukan sosialisasi peringatan Hari Nusantara 2019 di Kota Pariaman, Sumatera Barat. (Foto: Tagar/Muhammad Aidil)

Padang - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan berkunjung ke Ranah Minang. Dalam lawatan perdana usai dilantik menjadi Presiden 2019-2024 itu, Jokowi direncanakan meresmikan Jalan Nusantara di Kota Pariaman, Sumatera Barat pada puncak peringatan Hari Nusantara 2019, Jumat 13 Desember 2019.

Pariaman sangat tepat dan juga pantai dengan lintasan yang panjang dan bersih.

Hal itu dibenarkan Dirjen Informasi dan Komunikasi Pubik, Kementerian Kominfo, Widodo Muktiyo di Padang.

"Peresmian Jalan Nusantara di Pariaman lantaran kota tersebut menjadi tuan rumah tahun ini," katanya, Sabtu 7 Desember 2019.

Widodo mengatakan Kota Pariaman dipilih menjadi tuan rumah Hari Nusantara 2019 karena memiliki garis pantai panjang dan bersih. Hari Nusantara mengkombinasikan wajah Indonesia, bahwa Indonesia tidak hanya wilayah daratan, melainkan juga pantai.

"Pariaman sangat tepat dan juga pantai dengan lintasan yang panjang dan bersih. Pantai di pariaman menjadi contoh pengelolaan dan menggambarkan wajah masyarakat," tuturnya.

Ada beberapa tujuan dari peringatan Hari Nusantara Nasional. Pertama untuk mempererat tali silaturahmi di antara masyarakat Indonesia, mengembangkan minat memperingati hari-hari besar untuk menumbuhkan nasionalisme.

"Selain itu juga untuk mensosialisasikan prinsip-prinsip Indonesia sebagai negara kepulauan. Selanjutnya adalah untuk mensosialisasikan makna wawasan nusantara sebagai manifestasi deklarasi Juanda," katanya. []

Berita terkait
Kapolda Sumbar Ditarik ke Mabes Polri
Setelah tiga tahun menjabat Kapolda Sumatera Barat, Irjen Pol Fahkrizal ditarik ke Mabes Polri.
Daerah Rawan Gempa Dikritik Ombudsman Sumbar
Layanan informasi dan prosedur pengelolaan pengaduan mitigasi gempa dan tsunami di Sumatera Barat belum maksimal.
Mantan Suami Dewi Persik Nyalon Gubernur Sumbar
Aldi Taher bertekad maju menjadi calon gubernur Sumatera Barat pada Pilkada 2020.
0
Pengakuan Menantu Bunuh Sadis Mertua‎ di Pemalang
Pembunuhan menantu terhadap mertua di Pemalang terungkap jelas. Sang menantu akhirnya membeber penyebab ia menggorok leher mertuanya.