Joe Biden: RI Harus Pindah Ibu Kota dalam 10 Tahun ke Depan

Menurut Biden, Indonesia harus memindahkan ibu kota dalam kurun waktu 10 tahun karena ibu kota Indonesia akan tenggelam.
Presiden AS, Joe Biden, berbicara di Gedung Putih, 29 Juli 2021 (Foto: voaindonesia.com/Reuters)

Jakarta - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden angkat bicara mengenai kota Jakarta yang diproyeksikan akan tenggelam akibat perubahan iklim. Hal itu ia ungkapkan di depan para pemimpin badan intelijen, Jumat, 30 Juli 2021.

Biden mengatakan bahwa permukaan air laut terus meningkat. Dengan kondisi tersebut, kedepannya orang-orang akan bermigrasi dan memperebutkan tanah yang subur.

“Kita berada dalam situasi di mana–pikirkan ini, pikirkan tentang ini. Saya tidak akan pernah melupakan pertama kali saya terjun ke tank sebagai wakil presiden, setelah saya terpilih. Departemen Pertahanan mengatakan apa ancaman terbesar yang dihadapi Amerika: perubahan iklim,” kata Biden.


Tapi apa yang terjadi di Indonesia jika proyeksinya benar bahwa, dalam 10 tahun ke depan.


Biden menjelaskan, dengan kondisi tersebut apabila yang diproyeksikan tersebut benar dan menjadi kenyataan, maka Indonesia harus memindahkan ibu kota dalam kurun waktu 10 tahun karena ibu kota Indonesia akan tenggelam.

"Tapi apa yang terjadi di Indonesia jika proyeksinya benar bahwa, dalam 10 tahun ke depan, mereka mungkin harus memindahkan ibu kotanya karena mereka akan berada di bawah air. Itu penting. Ini adalah pertanyaan strategis sekaligus pertanyaan lingkungan," katanya. []

Baca Juga: Ibu Negara Amerika Jill Biden Tiba di Tokyo Untuk Olimpiade

Berita terkait
Biden Tuduh Rusia Hendak Kacaukan Pemilu Amerika 2022
Biden tuduh mitranya dari Rusia hendak mengacaukan pemilihan anggota kongres 2022 dengan menyebarkan "informasi yang salah"
Biden Kecam Tindakan Keras Kuba Terhadap Demonstran
Presiden Biden kecam pemerintah Kuba karena tindakan keras Kuba terhadap pengunjukrasa kebebasan di negara pulau itu
Telkomsel Mitra Inovasi Bidik Startup Karya Anak Bangsa
TMI memberikan dukungan bukan dalam bentuk investasi modal semata, melainkan juga memperkuat synergy value serta kolaborasi jangka panjang.
0
Joe Biden: RI Harus Pindah Ibu Kota dalam 10 Tahun ke Depan
Menurut Biden, Indonesia harus memindahkan ibu kota dalam kurun waktu 10 tahun karena ibu kota Indonesia akan tenggelam.