UNTUK INDONESIA
Jelang Dilantik Jokowi Bahas Ekonomi dengan Tamu Istana
Presiden terpilih Jokowi membahas kerja sama ekonomi antara Indonesia dengan tamu negara di Istana Jakarta.
Presiden Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, pada Senin, 14 Oktober 2019. (Foto: Tagar/Popy)

Jakarta - Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan kehormatan (courtesy call) jelang pelantikan di Istana Merdeka, Jakarta. Dalam kunjungan tersebut, ada pembahasan terkait kerja sama ekonomi antara Indonesia dengan beberapa negara.

Hal itu disampaikan Menteri Luar Negeri periode 2014-2019 Retno Marsudi usai menggelar kunjungan kehormatan.

"Mereka menyampaikan komitmen untuk terus memperkuat kerja sama bilateral dengan Indonesia. Presiden juga menyampaikan tentunya menyampaikan terima kasih atas kehadiran para tamu," kata Retno di Istana Merdeka, Minggu, 20 Oktober 2019.

Kepada Retno, Jokowi juga menyampaikan pembahasan dalam pertemuan bersama para petinggi berbagai negara tersebut. Seperti dengan petinggi Brunei Darussalam.

Menurut Retno, Brunei merasa Indonesia telah berkontribusi atas penguatan ekonomi di sana. "Yang ada hanya kita ingin terus memperkuat. Sultan juga menyampaikan terima kasih atas kontribusi warga negara Indonesia yang memang jumlahnya cukup banyak di Brunei dalam mendukung pembangunan ekonomi di Brunei Darussalam," ucap dia.

Retno menambahkan, pembicaraan Jokowi bersama Singapura seputar ekonomi. "Karena baru saja bertemu, sehingga membahas beberapa tindak lanjut, termasuk di antaranya adalah terkait digital dengan ekonomi. Dan tampaknya perdana menteri juga melakukan beberapa pertemuan dengan perusahaan-perusahaan Indonesia yg bergerak di bidang digital ekonomi," tuturnya.

Jokowi menerima kunjungan kehormatan bersama Ibu Negara Iriana dari perwakilan 5 negara sahabat pada Minggu 20 Oktober 2019. Pertemuan berlangsung di Istana Merdeka, Jakarta, sejak pukul 09.00 WIB.

Kunjungan kehormatan pertama datang dari Sultan Brunei Darussalam, Sultan Hassanal Bolkiah.

Sultan Hassanal keluar dari Ruang Jepara Kompleks Istana Kepresidenan pada pukul 09.15 WIB. Kemudian pada pukul 09.20 WIB, Jokowi menyambut Perdana Menteri Australia, Scott Morrison dan Jenny Morrison.

Lanjut pukul 09.40 WIB, Jokowi menerima kedatangan Perdana Menteri Republik Singapura, Lee Hsien Loong, dilanjutkan Perdana Menteri Kamboja, Hun Sen pada pukul 10.00 WIB. Dilanjut kunjungan Raja Eswatini, Raja Mswati III, pada pukul 10.20 WIB.

Berita terkait
Jokowi Genggam Tangan Iriana Sebelum Dilantik Presiden
Jokowi terlihat menggenggam tangan istrinya Iriana Jokowi sebelum pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih 2019-2024.
Susunan Menteri Jokowi-Ma'ruf Diumumkan Senin Pagi
Susunan lengkap menteri dalam Kabinet Kerja jilid II akan diumumkan Presiden terpilih Jokowi besok Senin pagi 20 Oktober 2019.
Bamsoet Harap Pelantikan Jokowi-Ma'ruf Berjalan Lancar
Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Bambang Soesatyo meminta rakyat Indonesia berbahagia dan berdoa di hari pelantikan Jokowi-Maruf.
0
Pengakuan Kompol Sarponi Korban Bom Medan
Dua perwira yang bertugas di Polrestabes Medan, menjadi korban ledakan bom bunuh diri. Salah satunya, sempat tak sadar dirinya kena percikan bom.