UNTUK INDONESIA
Jason Ranti, Kunci Musikal Film 'Koboy Kampus'
Jason Ranti menjadi kunci musikal dalam film berjudul 'Koboy Kampus (Understanding The Panas Dalam)'.
Musisi Jason Ranti, berperan sebagai Pidi Baiq di film musikal 'Koboy Kampus (Understanding The Panasdalam)'. (Foto: Tagar/Eno Suratno Wongsodimedjo)

Jakarta - Duo musisi Jason Ranti dan Danilla Riyadi bermain dalam film besutan Pidi Baiq dan Tubagus Deddy berjudul Koboy Kampus (Understanding The Panas Dalam). Film drama musikal itu diputar untuk pertama kalinya pada gala premier, Kamis, 18 Juli 2019.

Koboy Kampus merupakan biopic Pidi Baiq sendiri mengisahkan kehidupan kampus kala pria yang akrab dipanggil Surayah itu masih mengais ilmu di Fakultas Seni Rupa dan Desain, Institut Teknologi Bandung (ITB). Jason alias Jejeboy didaulat memerankan sang tokoh utama.

Plot bercerita saat Pidi bersama teman sesama mahasiswa kerap berkumpul dan menginap di studio lukis fakultas hingga dijuluki Koboy Kampus. 

Suatu ketika, lantaran kecewa dengan keadaan sosial politik di Indonesia, mereka dengan segala kenaifannya memutuskan untuk mendirikan sebuah negara baru bernama Negara Kesatuan Republik The Panasdalam.

Di masa depan, perkumpulan mahasiswa seni itu menjelma menjadi The Panasdalam Bank, sebuah kelompok musik yang tak ingin disebut band.

Perjalanan mencari cinta, berkesenian, hingga usaha mengatasi segala macam problematika sebagai mahasiswa, berkelindan dengan tingkah konyol dan nyanyian lagu-lagu tematik berisi satir dalam sudut pandang Pidi melihat dunia.

Sutradara film Koboy Kampus, Tubagus Deddy mengaku pernah melakukan riset terlebih dulu terhadap grup musik The Panasdalam Bank selama enam tahun demi membuat film dokumenter. 

"Di balik (riset) itu, ada cerita dan ide bikin negara dan sebagainya. Terciptalah lagu-lagu tentang Unpad, tentang ITB. Dan dari situ, banyak sketsa-sketsa yang menarik," kata dia di Jakarta, Kamis, 18 Juli 2019.

Enggak usah dibikin pusing, bikin aja lagu, cerita, kejadian. Saya coba bikin skenario, saya konsultasikan dengan Pidi. Dan, terjadilah lagu-lagu dan sketsa, proses negara, ada cerita asmara dan sebagainya

Riset enam tahun itu mempertemukan Tubagus dengan penulis buku sekaligus vokalis The Panasdalam Bank, Pidi Baiq. Setelah sempat membuat film dokumenter pada 2013, mereka mencetuskan ide untuk mengangkat cerita grup musik itu ke dalam film.

"Enggak usah dibikin pusing, bikin aja lagu, cerita, kejadian. Saya coba bikin skenario, saya konsultasikan dengan Pidi. Dan, terjadilah lagu-lagu dan sketsa, proses negara, ada cerita asmara dan sebagainya," ujar Tubagus.

Kedua sutradara benar-benar memberikan kebebasan sepenuhnya kepada Jason Ranti sebagai pemeran utama dalam mengeksplorasi karakter Pidi Baiq. Hal itu menjadikan proses produksi berlangsung menegangkan sekaligus menyenangkan bagi Jeje. 

"Pas ditunjuk ya udah, ikutin alur aja. Saya ngikutin aja," kata dia.

Tak berbeda dengan Jason Ranti, musisi Danilla yang berperan sebagai salah satu teman kampus Pidi Baiq bernama Nova, mengaku merasa canggung saat pertama kali berakting di depan kamera. Tapi pada akhirnya, pelantun lagu Berdistraksi itu pun tuntas menyelesaikan tugasnya hanya dalam empat hari waktu syuting.

"Iya canggung banget. Ini kan baru pertama kali main film dan diajak langsung sama Kang Pidi," kata Danilla.

"Seru banget, selesai sekitar empat hari, sebelumnya ada (proses) reading dulu, menghafal naskah," ujar musikus yang akrab dipanggil Cici itu.

Poster Film Koboy KampusPoster Film Koboy Kampus. (Foto: MNCPicture)

Selain Jason Ranti dan Danilla Riyadi, film Koboy Kampus (Understanding The Panas Dalam) juga dibintangi sederet aktor dan aktris kenamaan lain seperti Bisma Karisma, Ricky Harun, David John Schaap, Miqdad Addausy, Steffi Zamora, Vienny JKT48, Christina Colodam, Jennifer Lepas dan Anfa Safitri.

Gala premiere film Koboy Kampus akan dilaksanakan di dua kota, Jakarta, pada 18 Juli 2019 dan Bandung, 21 Juli 2019, sebelum akhirnya diputar serentak di bioskop di seluruh Indonesia pada 25 Juli 2019.

Konsep Musikal Direkam Langsung

Sejumlah lagu milik The Panasdalam Bank, dibawakan dan dinyanyikan oleh Jason Ranti dalam film berdurasi lebih dari 90 menit itu. Pengambilan sosok Jeje yang memiliki latar belakang musik sebagai bintang utama, diakui penata musik film Koboy Kampus Ari Marifat, mempermudah sisi musikal dalam film.

Diketahui, Jason Ranti merupakan solois piawai yang telah memiliki dua album penuh. Sebelumnya, dia juga merupakan gitaris kelompok musik Stairway To Zinna yang telah sempat pula menelurkan satu buah album.

"Proses teknis musikal cukup singkat ya, hanya cukup melakukan workshop beberapa kali, langsung ketemu kliknya," kata Ari kepada Tagar, Kamis, 18 Juli 2019.

Kerja keras baru dirasakan Ari dan tim kreatif musik justru saat menghadapi masalah teknis pengambilan suara dan gambar. Ia mengatakan seluruh lagu dalam film, dinyanyikan dan direkam secara langsung pada saat proses pengambilan gambar.

"Itu musiknya, semua kita ambil secara live. Termasuk saat adegan bernyanyi di atas mobil. Wah itu kami kerja keras sekali waktu itu," ucap Ari setengah berkelakar.

"Semua lagu yang dinyanyikan Jeje, kami rekam secara live, baru kemudian ada yang ditambah-tambahkan di sana-sini, musiknya atau apa," kata dia.

Baca juga:

Berita terkait
Jason Ranti Rilis Album Kedua Bertajuk Sekilas Info
Solois muda asal Jakarta Jason Ranti alias Jejeboy menelurkan album kedua bertajuk Sekilas Info.
Sesudah Pergaulan Blues, Simpul Album Jason Ranti
Sinema Pinggiran siap merilis film Sesudah Pergaulan Blues. Sebuah simpul album pertama ke album kedua Jason Ranti.
The Flowers, Rilis Album Baru di Synchronize Fest 2019
Kelompok musik rock n roll asli Indonesia The Flowers bakal melepas album ke-3 mereka di gelaran Syncronize Festival 2019.
0
Bocah 4 Tahun di Pamekasan Tewas Mengapung di Bak Mandi
Bocah berusia empat tahun di Pamekasan tewas mengapung di bak kamar mandi rumahnya.