Jangan Salah Pilih! 4 Rekomendasi Pen Tablet untuk Pemula

Pen tablet atau tablet grafis merupakan perangkat keras yang digunakan sebagai media menggambar sketsa atau ilustrasi secara digital.
Ilustrasi – Pen Tablet Veiik S640. (Foto: Tagar/veikk.com)

Jakarta – Seni menggambar kini telah berkembang pesat seiring dengan berjalannya waktu. Jika dulu, gambar umumnya dibuat di atas kertas atau kanvas, sekarang Anda dapat membuat sketsa atau ilustrasi yang diinginkan di atas layar tablet.

Pen tablet atau tablet grafis merupakan perangkat keras yang digunakan sebagai media menggambar sketsa atau ilustrasi secara digital. Layaknya menggambar di atas kertas, pen tablet membutuhkan pen khusus yang memiliki fungsi serupa dengan pensil untuk menggambar.

Gambar yang dihasilkan dari perangkat ini berupa sketsa atau ilustrasi digital yang dapat dengan mudah Anda simpan dan bagikan ke orang lain. Sementara itu, untuk menghasilkan sebuah gambar, pen tablet membutuhkan aplikasi perangkat lunak, seperti Adobe Illustrator, Adobe Photoshop, SketchBook dan program editor grafis lain.

Kehadiran Pen tablet ini menjadi poin tersendiri baginya, meningat telah banyak seminal yang berhijrah menuangkan karyanya dalam bentuk karya digital. Meski menjadi perangkat yang khas bagi para illustrator, pen tablet juga dapat digunakan oleh masyarakat pada umumnya.

Menghadirkan beragam fungsi serta mampu menggantikan posisi mouse sebagai alat bantu penujuk pengoprasian komputer dan laptop, berikut 4 rekomendasi pen tablet bagi pemula.


1. Huion Inspiroy H430P

Huion merupakan merek tablet menggambar yang cukup banyak dikenal kalangan illustrator. Didirikan pada tahun 2011, Huion berhasil menggeluarkan beragam jenis pen tablet yang berkualitas. Salah satu jenisnya adalah Huion Inspiroy H430P.

Huion Inspiroy H430P memiliki berat 135 g dengan dimensi 186.6 x 139.2 x 6.3 mm yang membuatnya terasa ringan dan kecil sehingga mudah dibawa kemana-mana. 

Selain itu, pen tablet ini juga menghadirkan area aktif sebesar 121.9 x 76.2 mm, resolusi 5080 LPI, sensitifitas tekanan di 4096Levels, 4 tombol shortcut, dan pen yang bebas baterai.


2. Wacom Intuos

Rekomendasi pen tablet berkualitas lain yang patut dicoba adalah Wacom Intuos. Tersedia dalam ukuran kecil dan sedang, Wacom Intuos sangat cocok digunakan bagi para pemula karena mudah dipakai.

Wacom Intuos menghadirkan pen bebas baterai dengan level sensitifitas sebesar 4.096Levels yang mampu memberikan pengalaman menggambar alami bagi para penggunanya. 

Selain itu, Wacom Intuos memiliki ragam warna yang dapat dipilih dengan resolusi 2540 LPI dan 4 tombol shortcut yang dapat diubah sesuai selera.


3. Huion Inspiroy H640P

Di samping harganya yang cukup terjangkau, Huion berhasil hadirkan produk pen tablet berkualitas yang bisa menjadi pilihan bagi para pemula.

Berbeda dengan Huion Inspiroy H430P, perangkat Huion Inspiroy H640P memiliki ukuran yang lebih besar dengan dimensi 260 x 147.7 x 8 mm dan berat 277 g. 

Selain itu, produk ini memiliki area aktif sebesar 160 x 100 mm, resolusi 5080 LPI, sensitifitas tekanan di 8192Levels, 6 tombol shortcut, dan pen bebas baterai yang disertai tumpuannya.


4.Veikk S640

Hadir dalam bodi yang tipis, Pen tablet Veikk S640 memiliki ketebalan 2 mm dengan berat 176 g. Meskipun begitu, produk ini memiliki ukuran 218 x 130 mm dengan area aktif sevesar 6 x 4 inci.

Sama seperti tablet grafis pada umumnya, Veikk S640 menyediakan 1 buah pen bebas baterai yang berfungsi sebagai tombol klik kanan pada mouse dan penghapus. Selain digunakan untuk membuat ilustrasi, Veikk S640 juga dapat digunakan untuk bermain OSU!.

(Eka Cahyani)


Berita terkait
Per 1 November, Daftar Ponsel Ini Tak Bisa Lagi Gunakan WhatsApp
Ponsel yang tidak bisa menggunkan aplikasi WhatsApp ini menggunakan sistem operasi yang telah lawas dan tak bisa diperbarui lagi.
Notifikasi Ponsel Dapat Mengganggu Produktivitas Bekerja
Ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk menangani ditraksi pemberitahuan pesan dari ponsel yang muncul selama bekerja.
Cara Log Out Akun Gmail di Ponsel Android
Cara keluar atau log out akun Gmail dari ponsel tidak sama dengan log out dari laptop.
0
Jangan Salah Pilih! 4 Rekomendasi Pen Tablet untuk Pemula
Pen tablet atau tablet grafis merupakan perangkat keras yang digunakan sebagai media menggambar sketsa atau ilustrasi secara digital.