Jangan Diabaikan! 6 Gejala DBD yang Harus Diketahui

Demam Berdarah Dengue (DBD) merupakan infeksi virus yang disebabkan oleh nyamuk yang bisa berbahaya. Berikut gejalanya yang harus diketahui.
Ilustrasi - Gejala DBD yang harus diketahui. (Foto: Tagar/Shutterstock)

Jakarta – Demam Berdarah Dengue (DBD) merupakan infeksi virus yang disebabkan oleh nyamuk yang bisa berbahaya bila tidak ditangani segera. Sayangnya, penyakit ini sering kali diabaikan karena gejalanya disalahartikan sebagai gejala kondisi kesehatan lain yang tidak serius.

Akibatnya, ada banyak kasus DBD yang berakhir fatal karena terlambat dideteksi dan ditangani. Itulah mengapa penting untuk mengenali gejala DBD. Berikut ini beberapa gejala umum dari DBD yang perlu diketahui.


1. Kelelahan

Demam disertai nyeri otot dan masalah pencernaan yang terjadi pada pengidap DBD dapat menurunkan nafsu makan. Hal ini tentu menyebabkan tubuh menjadi kelelahan, karena kurangnya asupan makanan dan sistem imun tubuh yang melemah.


2.Ruam Merah

Ruam merah merupakan gejala DBD yang paling khas. Ruam pada DBD biasanya berwarna kemerahan atau pink pucat yang muncul di wajah, dada, tangan dan kaki. Gejala DBD ini biasanya dimulai pada hari ketiga dan berlangsung selama 2-3 hari.


3. Nyeri Otot

Pengidap DBD biasanya juga merasakan nyeri pada beberapa bagian tubuh, seperti belakang mata, otot, sendi, serta tulang. Gejala ini biasanya disertai dengan tubuh menggigil dan berkeringat. 

Hal ini dapat terjadi pada 4 hingga 10 hari awal saat virus dengue memasuki tubuh. Nyeri otot dapat terjadi bersamaan dengan demam tinggi serta sakit di kepala dan juga dapat menjadi gejala DBD pada anak.


4. Demam Tinggi Mendadak

Demam merupakan gejala yang bisa disebabkan oleh banyak penyakit. Pada DBD, demam terjadi secara mendadak. Namun, banyak orang yang tidak tahu perbedaan demam biasa dengan demam yang disebabkan oleh DBD.

Perbedaan yang kontras antara gejala demam berdarah dengan gejala demam lainnya adalah demam DBD bisa mencapai 40 derajat Celcius. Demam yang terjadi akibat flu dan infeksi dari virus atau bakteri biasanya disertai dengan gejala bersin atau batuk, sedangkan gejala demam pada DBD tidak demikian. Demam pada DBD bisa terjadi selama dua sampai tujuh hari. Gejala DBD ini juga dapat terjadi pada anak-anak.


5. Sakit Kepala Parah

Beberapa jam setelah mengalami demam, gejala selanjutnya yang akan muncul adalah sakit kepala parah. Biasanya, rasa sakit terjadi di sekitar dahi. Sakit kepala parah juga disertai dengan rasa nyeri pada bagian belakang mata.

Kondisi ini merupakan gejala umum yang sering terjadi. Mungkin dengan mengonsumsi beberapa obat sakit kepala dapat membuat gangguan ini mereda untuk sementara.


6. Mual dan Muntah

Gejala DBD lainnya yang bisa terjadi pada anak-anak dan orang dewasa adalah mual dan muntah. Gangguan ini juga termasuk dalam masalah pencernaan, sehingga juga dapat menimbulkan rasa tidak nyaman pada perut atau punggung. Masalah ini dapat terjadi selama dua hingga empat hari setelah paparan virus masuk dan menyerang di tubuh.

Nah, itulah gejala-gejala DPD yang harus Anda ketahui, jika Anda mengalami gejala tersebut periksalah segera ke dokter. []

Berita terkait
Dinkes Depok Antisipasi Adanya Kasus DBD & Chikungunya
Dinas Kesehatan Depok lakukan sejumlah langkah guna mengantisipasi adanya kasus DBD dan Chikungunya di Kota Depok.
Dua Kasus DBD Kudus di Awal Tahun 2021
Awal tahun 2021, dua warga Kudus terserang penyakit DBD. Langkah antisipasi penyebaran DBD langsung dilakukan pemerintah setempat.
Waspada DBD, Tahun Ini Tiga Kasus Meninggal di Kulon Progo
Kasus DBD di Kulon Progo, Yogyakarta pada 2020 sebanyak 340 kasus, tiga di antaranya meninggal dunia. Dinkes sudah mengeluarkan surat kewaspadaan.
0
Jangan Diabaikan! 6 Gejala DBD yang Harus Diketahui
Demam Berdarah Dengue (DBD) merupakan infeksi virus yang disebabkan oleh nyamuk yang bisa berbahaya. Berikut gejalanya yang harus diketahui.