UNTUK INDONESIA

Italia Dukung Solusi Dua Negara Israel dan Palestina

Menlu Italia, Luigi Di Maio, menggarisbawahi kembali dukungan Italia bagi solusi dua negara yang tepat dan berkelanjutan Israel dan Palestina
Menteri Luar Negeri Italia, Luigi Di Maio (Foto: voaindonesia.com/Reuters)

Jakarta - Menteri Luar Negeri Italia, Luigi Di Maio, menggarisbawahi kembali dukungan Italia bagi solusi dua negara yang “tepat dan berkelanjutan.” Pernyataan Di Maio ini merujuk pada konflik antara Israel dan Palestina.

“Italia mengukuhkan dukungan pada solusi dua negara, yang tepat dan berkelanjutan, yang dirundingkan langsung oleh pihak-pihak yang terlibat. Penting bagi Yordania dan Italia memperkuat dialog dan kerjasama dalam hal ini,” ujarnya hari Minggu, 10 Januari 2021.

Di Maio berbicara dalam konferensi pers bersama mitranya, Menteri Luar Negeri Yordania, Ayman Al Safadi, pasca perundingan di Amman.

penandatangananPenandatanganan hubungan diplomatik Bhutan-Israel (Foto: bbc.com/indonesia – Reuters)

Menlu Di Maio menyambut baik perkembangan yang dicapai dalam apa yang disebut sebagai “Abraham Accords,” yang menormalisasi hubungan Israel dengan beberapa negara Arab, tetapi mengatakan hal itu sedianya “melengkapi dan bukan menggantikan” proses perdamaian Timur Tengah.

“Merujuk penandatanganan “Abraham Accords” baru-baru ini, kami menyambut baik. Saya menegaskan bahwa jalur normalisasi Arab-Israel harus melengkapi dan bukan menggantikan dimulainya kembali proses perdamaian, yang merupakan tujuan utama Italia dan Uni Eropa, yang siap aktif untuk kembali berkontribusi.”

Di Maio juga mengatakan dia dan Al Safadi membahas situasi terbaru di Irak dan Suriah, dan menambahkan bahwa Yordania dapat memainkan “peran utama” mendukung pemulihan hubungan kedua negara.

palestina inginPalestina ingin menjadikan Yerusalem Timur sebagai ibu kota negara di masa depan (Foto: bbc.com/indonesia – Reuters)

Kedua menteri luar negeri juga berbicara tentang perlunya “melindungi” perundingan yang sedang berlangsung di Libya.

Al Safadi mengatakan Italia akan menyediakan dukungan keuangan bernilai sekitar 235 juta euro atau 287 juta dolar Amerika untuk membantu Yordania memperluas investasi dalam infrastruktur energi, transportasi dan telekomunikasi.

Dalam lawatannya ini Di Maio juga mengadakan pertemuan dengan Perdana Menteri Yordania Bishr Al Khasawneh (em/jm)/voaindonesia.com. []

Berita terkait
Normalisasi Hubungan Dua Negara Antara Israel dan Bhutan
Kemlu Israel umumkan bahwa Israel membuka hubungan diplomatik dengan Bhutan melalui serangkaian perjanjian normalisasi
Palestina Terima Transfer 1,1 Milliar Dolar AS dari Israel
Israel mentransfer dana lebih dari dari satu miliar dolar AS dari pajak dan bea cukai yang dikumpulkannya atas nama Otoritas Palestina
0
Laporan Khusus: Selamat Datang Kebiri Kimia
Keluar sudah peraturan tentang kebiri kimia untuk pelaku kejahatan seksual terhadap anak. Akan disuntikkan zat yang meloyokan kelamin.