Makassar - Istri Wakil Bupati Tana Toraja, Viktor Datuan Batara, Nurliah Datuan Batara tidak mampu bersaing di Dapil X DPRD Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), dengan pendatang baru John Rende Mangontan. John berhasil meraup 13.765 suara, sementara Nurliah Batara hanya meraup 12.083 suara.

Sedangkan lima partai politik petahana di Dapil X DPRD Sulsel (Tana Toraja dan Toraja Utara) berhasil mempertahankan suara dan kembali menempatkan kadernya di parlemen. Meski partai tidak berubah, namun calon legislatif yang menuju parlemen mengalami perubahan.

Dari lima kursi yang disediakan hanya dua petahana yang kembali berhasil duduk di parlemen, sisanya merupakan pendatang baru. Kedua petahana ini adalah Firmina Tallulembang (Gerindra) dan Dan Pongtasik (PDIP).

Suara partai Demokrat dan Golkar saling bersaing dengan memperoleh sebanyak lebih dari 45 ribu suara, sementara NasDem mengumpulkan sebanyak 41 ribu suara lebih, PDI Perjuangan 33 ribu lebih, sementara Gerindra berhasil meraup suara 27 ribu suara lebih.

Untuk suara caleg dengan raihan suara terbesar adalah Sarwinde Biringkanae (NasDem) yang mengumpulkan 27.526 suara. Sarwinde sendiri merupakan putri dari Bupati Tanah Toraja.

Berikut ini perolehan suara caleg terpilih di Dapil IX Sulsel:

Jufri Sambara (Demokrat): 14.527 suara
John Rende Mangontan (Golkar): 13.765 suara
Sarwinde Biringkanae (NasDem): 27.526 suara
Dan Potasik (PDIP): 12.265 suara
Firmina Tallulembang (Gerindra): 13.696 suara

Baca juga