UNTUK INDONESIA
Irrfan Khan, Aktor Film Life of Pi Meninggal Dunia
Aktor India yang membintangi film Life of Pi, Irrfan Khan, meninggal dunia dalam usia 54 tahun.
Irrfan Khan. (Foto: Instagram/irrfan)

Jakarta - Kabar duka datang dari jagat perfilman Bollywood. Aktor India yang membintangi film Life of Pi, Irrfan Khan, meninggal dunia dalam usia 54 tahun setelah mendapat perawatan instensif atas penyakit kanker yang sudah lama dideritanya.

Laman Reuters melaporkan, Irrfan Khan mengembuskan napas terakhirnya ditemani sanak keluarganya, pada Rabu, 29 April 2020 waktu setempat. Perwakilan keluarga mengatakan, aktor yang telah go international dengan membintangi film-film Hollywood itu telah berjuang keras melawan penyakitnya sebelum akhirnya meninggal dunia.

"Dia sudah berjuang melawan banyak rintangan akibat kanker," ujar perwakilan pihak keluarga, dikutip Tagar pada Kamis, 30 April 2020.

Irrfan Khan dikenal sebagai salah satu aktor India pertama yang membuat tanda konsisten di jagat perfilman Barat, mengikuti jejak pelopor seperti Saeed Jaffrey, Roshan Seth, dan Om Puri.

Ia terlahir dengan nama asli Sahabzade Irfan Ali Khan, di negara bagian Rajasthan di gurun barat, dari sebuah keluarga yang tidak memiliki hubungan dengan film sama sekali.

Irrfan KhanIrrfan Khan. (Foto: Instagram/irrfan)

Dalam sebuah wawancara, Irrfan Khan pernah mengatakan bahwa saat masih kanak-kanak, ia dan saudara-saudaranya tidak diizinkan menonton film. Satu-satunya pengecualian adalah ketika seorang paman yang berkunjung membawa mereka ke teater.

Sepanjang kariernya di dunia akting, Irrfan Khan pernah memenangkan berbagai penghargaan termasuk sebagai Aktor Terbaik di Penghargaan Film Nasional ke-60 pada tahun 2012 silam, untuk penampilannya dalam Paan Singh Tomar.

Dia juga berhasil memenangkan Penghargaan Film Asia untuk Aktor Terbaik pada 2014, tiga Penghargaan Akademi Film India Internasional, tiga Penghargaan Filmfare, sebuah nominasi Independent Spirit Award, dan berbagai penghargaan internasional.

Baca juga: Rishi Kapoor Meninggal Dunia, Bollywood Berduka

Selain terjun di kancah perfilman lokal India dan Hollywood, Irrfan Khan juga tercatat pernah membawakan acara televisi dan iklan. Hingga tahun 2013, ia tercatat pernah tampil dalam lebih dari 30 judul film India di Bollywood dan beberapa film regional. []

Berita terkait
Aktor Hollywood Mark Blum Wafat karena Virus Corona
Aktor kawakan Hollywood pemeran film Desperately Seeking Susan, Mark Blum, meninggal dunia karena terinfeksi virus corona.
Komedian Tim Brooke-Taylor Wafat karena Virus Corona
Komedian asal Inggris, Tim Brooke-Taylor meninggal dunia setelah diidentifikasi positif terinfeksi virus corona (Covid-19).
Ibunda Nunung Srimulat Meninggal Dunia
Ibunda pelawak Nunung Srimulat, Djuwarti Pranowo, meninggal dunia dalam usia 83 tahun pada Minggu, 19 April 2020 di Solo, Jawa Tengah.
0
Rishi Kapoor Meninggal Dunia, Bollywood Berduka
Kabar duka cita kembali datang dari dunia perfilman Bollywood. Aktor senior asal India, Rishi Kapoor, dikabarkan meninggal dunia.