Pemerintah Kota Makassar

Investor Harus Tahu, Ini Asal Muasal Istilah Saham Blue Chip

Selain itu, perusahaan dengan saham blue chip memiliki kapitalisasi pasar yang besar dan banyak diperdagangkan.
Diagram Investasi Saham (Foto: Tagar/Pixabay)

Jakarta - Berbicara seputar investasi rasanya terasa hambar tanpa adanya pembahasan saham. Kedua hal ini nampaknya sedang sangat naik daun di Indonesia. Saham sendiri adalah bukti kepemilikan seseorang terhadap modal di suatu perusahaan.

Namun ketika kamu terjun ke dalam dunia investasi terutama saham, pasti kamu sering mendengar istilah “Blue Chip”. Biasanya para investor terutama investor pemula sangat merekomendasikan saham ini untuk dibeli. Lalu sebenarnya ap aitu “blue chip”

Saham blue chip atau saham lapis merupakan salah satu jenis saham dari perusahaan besar dengan kinerja yang baik. Jenis saham ini dilihat dari kondisi keuangan suatu perusahaan yang prima. 

Biasanya perusahaan tersebut pendapatannya cenderung stabil dan naik, serta rutin membagikan dividen kepada para pemegang saham.

Istilah Blue Chip berasal dari permainan poker. Dalam permainan poker, keping koin (chip) berwarna biru mempunyai nilai tertinggi dibandingkan warna merah dan putih. Istilah tersebut lalu diperkenalkan oleh Oliver Gingold karena ia melihat tren bahwa saham-saham seharga USD 200-USD 250 menarik minat investor.

Setelah itu, ia kembali ke kantor kemudian berkata kepada temannya untuk menuliskan blue chip stocks atau saham-saham kepingan biru. Dari situlah, istilah blue chip hingga saat ini terkenal dan digunakan oleh mereka yang terjun ke dunia saham.

Biasanya saham blue chip adalah perusahaan yang menjual produk jasa dan barang dengan kualitas terbaik di bidangnya dan diterima secara nasional. Namun kini, penggunaan istilah saham blue chip tak lagi sekadar saham dengan nilai tinggi, tapi lebih kepada saham dari perusahaan dengan kualitas baik yang telah teruji waktu.

Selain itu, perusahaan dengan saham blue chip memiliki kapitalisasi pasar yang besar dan banyak diperdagangkan. Tak hanya itu, saham blue chip biasanya menjadi market leader di sektornya. 

Oleh sebab itu, perusahaan dengan saham blue chip harus mempunyai fundamental yang baik dan dikelola oleh orang-orang profesional yang berpengalaman.[]


(Rafi Fairuz)

Baca Juga:

Berita terkait
7 Investor Saham Paling Terkenal di Dunia dan Strateginya
tak jarang mereka menciptakan strategi sendiri yang kemudian dicontek oleh investor-investor lainnya dari seluruh dunia.
Jangan Salah! Berikut Perbedaan Saham dengan Reksadana
Karena sama-sama bermain di pasar saham, banyak orang yang merasa bahwa kedua investasi tersebut sama.
Risiko Trading Atau Investasi di Pasar Saham
Seminar investasi saham hanya akan memberikan informasi kuntungan di pasar modal, jarang sekali menyebutkan risiko apa saja yang mungkin ditemukan.
0
Investor Harus Tahu, Ini Asal Muasal Istilah Saham Blue Chip
Selain itu, perusahaan dengan saham blue chip memiliki kapitalisasi pasar yang besar dan banyak diperdagangkan.