Internet Lemot? Yuk Kenali Penyebabnya

Internet sudah menjadi salah satu hal yang wajib dimiliki oleh masyarakat jaman sekarang. Ini alasan penyebab jaringan internet menjadi lambat.
Ilustrasi - Pengguna internet. (Foto: Tagar/Unsplash/@benchaccounting)

Jakarta – Internet sudah menjadi salah satu hal yang wajib dimiliki oleh masyarakat jaman sekarang. Namun, taukah kalian jika banyak sekali faktor yang bisa menghambat kalian untuk mendapatkan koneksi internet yang terbaik.

Setelah penemuan internet pada tahun 1960 an silam, perkembangan teknologi semakin pesat terlebih setelah tahun 2000 an. Internet yang mulanya tidak diketahui oleh masyarakat kini menjadi salah satu kebutuhan pokok untuk menunjang pekerjaan dan kehidupan.

Namun, dengan berkembangnya internet dan banyaknya pengguna, internet mengalami berbagai kendala yang salah satunya kekuatan jaringan. Bagi seseorang yang produktif kekuatan jaringan internet ini merupakan hal yang sangat penting dan bisa mempengaruhi berbagai pekerjaan lainnya.

Oleh sebab itu sebelum kalian mengalami kendala jaringan yang lambat, sebaiknya kalian mengetahui alasan mengapa jaringan bisa menjadi lemot. Berikut merupakan beberapa alasan penyebab jaringan internet menjadi lambat.


1. Lokasi

Tahukah kalian meskipun jaringan internet tidak terlihat namun lokasi bisa menjadi penentu kecepatan internet loh. Seperti yang kita ketahui jika saat ini masih ada beberapa daerah yang belum mendapatkan layanan internet karena belum dibangunnya infrastruktur di sekitarnya.

Selain itu gedung tinggi dan basement juga menjadi tempat yang mungkin akan sulit menerima jaringan. Hal ini sebab kedua tempat tersebut dilapisi tembok yang tebal dan ketinggiannya berbeda dengan lokasi normal lainnya.


2. Keramaian

Pernahkan kalian merasakan kehilangan jaringan saat berada ditempat ramai seperti lokasi wisata atau konser? Ternyata keramaian juga akan berpengaruh terhadap kecepatan dan kekuatan jaringan internet milik kalian loh.

Untuk mengatasi masalah ini kalian bisa sedikit menjauh atau mencari lokasi yang relatif lebih sepi dibandingkan tempat lainnya. Karena jaringan internet ini bisa menjadi rebutan perangkat disekitarnya, oleh sebab itu sebaiknya kalian mencari sinyal dengan cara berpindah-pindah.


3. Teknologi perangkat

Sebagai suatu layanan, internet memerlukan perangkat penangkap sinyal yang mereka berikan. Umumnya perangkat lama akan lebih susah untuk mendapatkan sinyal terlebih pada lokasi yang ramai, sedangkan perangkat baru akan lebih mudah melakukannya.

Perangkat baru juga bisa menghemat penggunaan data pada perangkat dan juga menghemat penggunaan daya baterai karena sudah melewati berbagai pembaharuan. 

Sebaiknya jika kalian seorang yang sibuk dan memiliki pekerjaan penting, kalian bisa melakukan penggantian perangkat secara teratur dalam jangka waktu tertentu.


4. Penggunaan aplikasi

Semakin banyak aplikasi yang kalian miliki pada perangkat juga bisa mempengaruhi kecepatan jaringan kalian loh. Perlu kalian ketahui jika beberapa aplikasi akan tetap menggunakan jaringan meskipun sedang tidak kalian gunakan.

Untuk mencegah hal ini kalian perlu mengawasi penggunaan data pada perangkat dengan demikian kalian bisa menentukan apakah aplikasi tersebut perlu digunakan atau tidak. Selain menghemat data, hal ini juga bisa membantu kalian dalam menghemat daya perangkat.


5. Gangguan jaringan

Meskipun sudah terbilang canggih, teknologi jaringan internet saat ini masih perlu berbagai perkembangan. Saat ini masih kerap ditemui layanan internet mengalami gangguan sehingga pengguna tidak bisa menggunakan jaringan terkait.

Jika kalian menghadapi masalah seperti ini tidak ada yang bisa kalian lakukan selain menggunakan layanan jaringan lainnya. Kalian hanya bisa menunggu penyedia layanan mengatasi masalah yang kalian hadapi dan biasanya terjadi secara luas.

(Dimas Rafika)

Berita terkait
4 Cara Jitu Menghasilkan Passive Income
Tahukah kamu apa alasannya orang-orang tersebut bisa hidup seperti itu? Jawabannya karena mereka menghasilkan passive income.
Tanah Kurang Subur? Ini 4 Cara Menyuburkan Tanah
Apakah tanah yang awalnya kurang subur bisa menjadi subur? Jawabannya adalah bisa. Inilah beberapa cara membuat tanah menjadi subur kembali.
Jangan Asal! Ini Cara Memilih Klinik Kecantikan untuk Perawatan
Saat pergi ke klinik kecantikan inilah beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan ketika akan melakukan perawatan kulit di klinik kecantikan.
0
Internet Lemot? Yuk Kenali Penyebabnya
Internet sudah menjadi salah satu hal yang wajib dimiliki oleh masyarakat jaman sekarang. Ini alasan penyebab jaringan internet menjadi lambat.