5 Kiat Berjualan Melalui Instagram

Akademi Instagram menggelar acara bincang-bincang seputar bisnis bersama selebriti yang memiliki bisnis.
Ilustrasi Instagram. (Foto: Antara/Pixabay)

Jakarta - Country Director Facebook Indonesia melalui Akademi Instagram menggelar acara bincang-bincang seputar bisnis bersama selebriti yang memiliki bisnis, yaitu Zaskia Adya Mecca, Luna Maya dan Dimas Beck. 

Mereka memberikan beberapa kiat mempromosikan produk secara online atau daring melalui media sosial Instagram. Berikut kiat-kiatnya seperti dikutip dari Antara, Rabu, 8 Juli 2020.

1. Membangun eksistensi bisnis 

UMKM diminta untuk memanfaatkan peluang yang ada di platform digital seperti Instagram, termasuk untuk membangun eksistensi bisnis. Langkah pertama, ganti profil di Instagram menjadi profil bisnis. 

Pelaku UMKM akan mendapatkan informasi terkini tentang kinerja Stories dan unggahan di Feed, karakteristik pengikut dan bagaimana mereka berinteraksi dengan unggahan, jika mengaktifkan profil bisnis. 

Luna Maya, pemilik merk fesyen Luna Habit, menyarankan pelaku bisnis untuk menganalisis interaksi konsumen, performa penjualan dan karakteristik konsumen secara berkala. Informasi tersebut membantu untuk menyusun stratei pemasaran yang efektif.

2. Tonjolkan karakter utama bisnis 

Data internal Instagram menyebutkan dua dari tiga pengunjung profil bisnis bukan pengikut (follower) akun tersebut. Buat nama bisnis yang menarik dan berikan informasi yang lengkap pada bio. 

Instagram menyarankan fokus pada enam foto teratas di laman Feed agar karakter bisnis mudah dikenali.

3. Manfaatkan fitur-fitur yang tersedia 

Gunakan secara maksimal fitur-fitur yang ada di platform Instagram. Terkait kondisi saat ini, bagikan informasi seputar perubahan operasional dan kebijakan saat berkunjung ke toko lewat Feed. 

Pakai juga tanda pagar atau hashtag yang sesuai untuk menjangkau audiens. 

Jika ingin membagikan konten berdurasi panjang, seperti kreasi masakan, tips mix and match pakaian, gunakan IGTV. Proses dibalik layar atau behind the scenes produk juga menarik untuk dibagikan lewat Stories. 

Zaskia Adya Mecca, yang terkenal dengan fesyen tertutup Meccanism, menyarankan fitur IG Live bisa digunakan untuk mengadakan bazar online interaktif.

4. Interaksi dengan konsumen 

Menjalin komunikasi dua arah dengan pegikut merupakan kunci dalam mempertahankan bisnis, apalagi saat aktivitas di toko terbatas. Interaksi secara online membantu konsumen mencari tahu tentang produk dan ketersediannya sebelum membeli. 

Gunakan juga fitur seperti stiker dan polling untuk membantu interaksi dengan konsumen.

5. Pelajari dan ikuti tren 

Aktor Dimas Beck, pemilik Umara Catering berpendapat pelaku bisnis harus mencari formula yang tepat dalam merancang strategi bisnis sesuai dengan situasi terkini. 

Pelaku bisnis bisa mengikuti diskusi-diskusi online untuk mempelajari pemasaran secara digital.[]

Berita terkait
Tren Bisnis Digital Pasca Virus Corona
Pergeseran kebiasaan konsumen akan mengubah tren bisnis digital dalam masa pandemik dan pasca pandemik virus corona Covid-19.
Gredu Hadirkan Dua Fitur Baru Belajar Jarak jauh
Gredu menghadirkan dua fitur terbaru sebagai penunjang pembelajaran jarak jauh (PJJ), yaitu Kelas Interaktif dan Tugas Online.
Perhatikan Hal Ini Sebelum Membeli Headphone
Ada beberapa cara yang tepat sebelum membeli perangkat audio headphone.
0
Simak 5 Aplikasi dan Situs Simulasi Tes CPNS
Terdapat lima aplikasi dan situs simulai tes CPNS 2021 yang sudah disiapkan untuk mengisi kota sebanyak 105.777 dari 189.102 formasi ASN yang ada.