Insinyur Sipil Sebut Nilai Infrastruktur Amerika C-minus

Nilai kondisi infrastruktur di AS adalah C-minus karena dibiarkan terjadi selama bertahun-tahun oleh pemerintah federal
Ilustrasi: Sistem angkutan umum bawah tanah (subway) di kota New York, AS (Foto: voaindonesia.com/Reuters).

Jakarta – Nilai untuk kondisi infrastruktur di Amerika Serikat (AS) adalah C-minus. Hal ini dikatakan oleh American Society of Civil Engineers, 3 Maret 2021. Kondisi itu dibiarkan selama bertahun-tahun oleh pemerintah federal sehingga kondisi jalan dan jembatan memburuk sedangkan bandara, pasokan air dan sistem angkutan umum perlu ditingkatkan.

Para insinyur sipil itu mengatakan Amerika perlu dana 5,9 triliun dolar AS dalam 10 tahun ke depan, sekitar 2,6 triliun dolar AS lebih banyak daripada yang biasa dibutuhkan untuk menjaga infrastruktur pada tingkat yang aman.

jalan asIlustrasi: Highway di Amerika Serikat yang dibangun tahun 1920 (Foto: thenewswheel.com)

Organisasi itu mengatakan nilai C-minus -yang pas-pasan untuk lulus dalam sistem akademik di Amerika- mencerminkan "kelemahan yang signifikan," meskipun nilai itu sedikit naik dari D-plus pada tahun 2017, antara lain berkat upaya pemerintah negara bagian, lokal, dan sektor swasta memperbaiki kebocoran terutama jaringan-jaringan air.

Namun, para insinyur mengatakan, dari 17 kategori penilaian, 11 dinilai D yang menunjukkan "kerusakan yang signifikan" dengan "risiko kegagalan yang kuat," misalnya untuk angkutan umum, infrastruktur air kotor, bandara, jalan raya dan jalan bebas hambatan.

jalan raya di asIlustrasi: Jalan raya di Amerika Serikat (Foto: ttnews.com)

Organiasi itu memberi nilai C untuk jembatan, energi, air minum dan pembuangan limbah padat, dan hanya dua bidang: pelabuhan dan layanan kereta api, yang mendapat nilai B.

Anggaran infrastruktur sering dibahas, tetapi jarang ditindaklanjuti karena pemerintah dan anggota DPR tidak sepakat mengenai infrastruktur apa yang harus diperbaiki dan dari mana dananya akan digalang (ka/jm)/voaindonesia.com. []

Berita terkait
Amerika Bangun Infrastruktur Untuk Bersaing dengan China
Presiden AS, Joe Biden, dorong Amerika bangun infrastruktur di Amerika agar bisa bersaing dengan China
0
Darmizal: Abdee Slank, Jati Diri Milenial yang Berpotensi
Ketua Umum Relawan Jokowi HM Darmizal MS mengatakan Abdee Slank merupakan jati diri milenila yang memiliki potensi untuk mengambagkan Telkom.