UNTUK INDONESIA

Ini Total Gaji Menteri Edhy Prabowo yang Masih Nekat Korupsi

Menteri Edhy yang ditangkap KPK ternyata menerima gaji sangat banyak setiap bulannya.
Edhy Prabowo. (Tagar/KKP)

Jakarta - Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bersama beberapa orang lain. Saat ini, politikus partai Gerindra itu sudah digelandang ke gedung KPK untuk pemeriksaan lebih lanjut.

"Benar (ditangkap), jam 01.23 dini hari di Soetta," kata Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron, dikutip Tagar pada Rabu, 25 November 2020. Sebelumnya, Wakil Ketua KPK Nawawi Pomolango dalam keterangannya di Jakarta juga membenarkan bahwa pihaknya telah menangkap Edhy dan beberapa orang lainnya.

"Benar, kita telah mengamankan sejumlah orang pada malam dan dini hari tadi," ucapnya.

Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron dalam keterangannya mengatakan, Edhy Prabowo dan beberapa orang lainnya ditangkap di Bandara Soekarno-Hatta Tangerang, Banten pada Rabu dini hari, setelah pulang perjalanan dari Amerika Serikat.

Namun tahu kah kalian, gaji pokok menteri sebesar Rp 5.040.000 per bulan. Jumlah tersebut berdasarkan pada Pasal 2 Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2000. Selain mendapat gaji pokok, menteri juga mendapatkan tunjangan dari negara sebesar Rp 13.608.000 juta per bulan.

Aturan tunjangan untuk menteri itu tertuang dalam Pasal 1 Ayat 2 poin (e) Keputusan Presiden Nomor 68 Tahun 2001 tentang Tunjangan Jabatan Bagi Pejabat Negara Tertentu.

Tunjangan itu juga berlaku untuk Jaksa Agung dan Panglima TNI serta pejabat lain yang kedudukan atau pengangkatannya setingkat dengan Menteri Negara. Dengan demikian, total gaji pokok dan tunjangan yang diterima oleh menteri Edhy adalah sebesar Rp 18.648.000 juta per bulan.

Selain gaji dan tunjangan, ada juga dana operasional menteri (DOM) yang diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) No 268/PMK.05/2014 tentang Tata Cara Pelaksanaan Anggaran Dana Operasional Menteri/Pimpinan Lembaga. Setiap menteri disebutkan akan mendapatkan dana operasional sekitar Rp 120 juta hingga Rp 150 juta. []

Baca juga:

Berita terkait
Berikut Harta Kekayaan Edhy Prabowo Ditangkap KPK
Edhy Prabowo memiliki total kekayaan Rp7.422.286.613 ketika ditangkap KPK bersama istrinya, Iis Rosita Dew beserta pejabat KKP.
Ali Ngabalin Melihat Kronologi OTT KPK Terhadap Edhy Prabowo
Ali Mochtar Ngabalin mengaku melihat penangkapan Edhy Prabowo oleh KPK di Bandara Soetta.
Edhy Prabowo Ditangkap KPK, Gerindra Partai Paling Informatif
Komisi Informasi (KI) menyematkan predikat kepada Partai Gerindra sebagai badan publik kategori partai politik yang paling informatif.
0
Ini Total Gaji Menteri Edhy Prabowo yang Masih Nekat Korupsi
Menteri Edhy yang ditangkap KPK ternyata menerima gaji sangat banyak setiap bulannya.