UNTUK INDONESIA
Ini Para Tokoh dan Pemimpin Dunia yang Puji Asian Games
Sejumlah tokoh dan pemimpin dunia memberikan apresiasi kepada Indonesia yang telah berhasil meyelenggarakan Asian Games 2018.
Menko PMK, Puan Maharani (kanan) menyerahkan bendera OCA kepada delegasi Cina disaksikan Presiden OCA, Sheik Ahmad Al-Fahad Al-Saba pada Upacara Penutupan Asian Games ke 18 Tahun 2018 di Stadion Utama GBK, Senayan, Jakarta, Minggu (2/9). (Foto: Ant/INASGOC/Irwin Fedriansyah)

Jakarta, (Tagar 4/8/2018) - Asian games ke-18 telah usai, Minggu (2/9). Indonesia menangguk sukses besar, sukses sarana dan prasarana, sukses penyelenggaraan dan sukses prestasi. Indonesia berada di posisi ke-4 dengan rekor terbaik yang berhasil ditoreh yaitu 31 emas, 24 perak, dan 43 perunggu.

Asian Games berhasil mencuri banyak perhatian dan menuai banyak pujian dari beberapa pemimpin dunia. Perdana Menteri India Narendra Modi, memberikan ucapan selamat kepada Presiden Joko Widodo dan rakyat Indonesia, melalui akun twitter miliknya Narendra menuliskan "Selamat kepada Presiden Jokowi dan rakyat Indonesia yang menjadi tuan rumah Asian Games 2018, yang tak terlupakan. Pertandingan-pertandingan itu menjadi saksi penampilan hebat atlet dan mewujudkan semangat sportivitas yang luar biasa" tulis Modi.

Twit Narendra ModiCuitan Narendra Modi yang memberikan apresiasi kepada Jokowi dan rakyat Indonesia. (Foto: Twitter/@narendramodi)

Tidak hanya itu, Perdana Menteri Korea Selatan juga memberikan apresiasi untuk Indonesia yang telah menjadi tuan rumah perhelatan akbar Asian Games 2018. Salah satu yang disoroti secara khusus PM Korsel, yaitu mengenai pembukaan Asian Games  yang sangat impresif  dan berhasil, hal tersebut disampaikan oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi yang mendampingi Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Senin (20/8).


Presiden Dewan Olimpiade Asia (OCA) Syeikh Ahmad Al Fahad Al Sabah dan Presiden Komite Olimpiade International (IOC) Thomas Bach menyampaikan hal serupa saat berkunjung di Istana Kepresiden Bogor, Jawa Barat, Sabtu (1/9). Presiden Joko Widodo bersama Ketua Inasgoc Erick Thohir dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi melakukan pembicaraan terkait penyelenggaraan Asian Games 2018, dalam kesempatan itu Syeikh ahmad dan Thomas memuji perhelatan Asian Games 2018.

"Beliau sangat menghargai dan kagum atas kesuksesan dalam menyelanggarakan perhelatan Asian Games ke-18 tahun 2018 ini," ujar Jokowi usai menerima kunjungan.

Pendiri dan CEO Alibaba Group Jack Ma yang berkunjung ke Indonesia untuk menghadiri upacara penutupan Asian Games 2018 juga memberikan apresiasi untuk Indonesia, menurut Jack Ma Indonesia telah berhasil melakukannya dan dia sangat senang menyaksikan salah satu pertandingan Asian Games.

"Saya rasa gelaran ini sangat sukses dan tidak mudah menyelanggarakan acara yang sebesar ini. saya mengikuti salah satu pertandingan dan saya sangat excited dengan pertandigan kemarin" ucap Jack Ma ketika ditemui oleh sejumlah wartawan usai pertemuan dengan sejumlah menteri di Hotel Ritz Carlton, Jakarta, Minggu (2/9).

Terkait dengan aksi Jokowi yang mengendarai sepeda motor saat upacara pembukaan Asian Games 2018, menurut Jack Ma itu adalah hal yang inovatif dan mengesankan. "Asian Games sangat inovatif, saat Presiden mengendarai motor itu adalah hal yang mengesankan bagi banyak orang" Ujar Jack Ma.

Berita terkait
0
Si Cantik Ayi Dara, Selebgram Bantaeng Gemar Mendaki
Ayi Dara merupakan seorang selebgram cantik asal Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan, yang gemar mendaki gunung.