UNTUK INDONESIA
Ini Menu Makanan Sederhana Rahasia Sehat Presiden Jokowi
Siapa yang pernah melihat Jokowi sakit? Tiru menu makanan sederhana Presiden ke-7 Indonesia ini.
Presiden Joko Widodo (keempat kanan) berbincang dengan peserta Konferensi Mahasiswa Nasional di Istana Bogor, Jawa Barat, Jumat (7/12/2018). Pada pertemuan tersebut presiden menerima rekomendasi hasil konferensi mahasiswa nasional serta menjelaskan tentang berita bohong tentang dirinya yang beredar di media sosial kepada mahasiswa. (Foto: Antara/Wahyu Putro A)

Jakarta (Tagar 14/12/2018) - Presiden Joko Widodo dikenal dengan gaya sederhana. Bahkan sampai ke asupan makanan yang dikonsumsinya setiap hari. Namun, jangan anggap enteng. Di balik menu sederhana, terdapat kekayaan manfaat.

Koki Jokowi di Istana Negara menyebutkan santapan suami Ibu Negara Iriana Jokowi itu simpel. Mudah ditemukan di warung-warung di pinggir jalan, terutama rumah makan khas nusantara.

"Bapak itu yang saya tahu selama ini, orangnya sederhana sekali. Makanannya juga seperti itu," kata juru masak presiden, Tri Supriharjo, melalui akun YouTube resmi Presiden Joko Widodo.

Tri yang telah menjadi koki presiden sejak 2013 itu menjabarkan apa saja yang kerap dikonsumsi Jokowi. Mulai dari sayuran olahan lezat dari pepaya muda hingga oseng-oseng tempe. Bikinnya mudah, dan manfaatnya luar biasa. Salah satunya mencegah penyakit osteoporosis dan rakitis.

"Jadi, masakan rumahan, seperti sop ayam, sayur bening bayam itu, tumis pepaya, tumis oseng-oseng tempe" terang Tri.

Tak lengkap jika makan selalu dihidangkan menu kering-keringan, maka dari itu sayur berkuah menjadi andalan masyarakat umum. Tak terkecuali Jokowi.

Tri mengungkapkan kakek dari cucu bernama Jan Ethes itu gemar makan soto mie atau soto kuning. Lauk yang tidak ketinggalan disajikan, sekaligus favorit Jokowi adalah tempe, tahu bacem, serta teri medan goreng.

Kesederhanaan Jokowi tak hanya pada makanan, tapi juga apa yang diminum. Bukan soft drink atau kapucino cincau, tetapi Jokowi menyukai jamu atau teh pahit.

Sebelum memulai aktivitas hariannya, Tri membeberkan Jokowi rutin meneguk minuman herbal dari tumbuhan berkhasiat khas Indonesia tersebut.

"Jamunya bapak terdiri dari temulawak, jahe, kunyit," terang Tri.

Dari beragam menu makanan yang disantap Jokowi itu, tubuhnya menjadi bugar. Rutinitasnya yang padat sebagai Kepala Negara menjadi tak terganggu. Sampai saat ini kita pun belum pernah melihat Jokowi sakit. Jadi, siapa yang mau mencoba menu sederhana tapi kaya akan manfaat itu?

Makanan Favorit Jokowi

Berita terkait
0
Nabi Hud AS, Sebelum Angin Membinasakan Segala
Kenapa angin bertiup sehebat-hebatnya selama tujuh malam delapan hari membinasakan Ad, kaum bertubuh besar dan kuat pada zaman Nabi Hud AS.