Indonesia Punya Berbagai Penemuan yang Juga Diakui Dunia

Penemuan tokoh-tokoh ini mempermudah aktifitas manusia dan bermanfaat hingga sekarang.
Mantan Presiden RI ketiga, almarhum BJ. Habibie, insinyur yang ahli di bidang perancangan pesawat. (Foto: Tagar/Ist)

Jakarta - Kecanggihan teknologi sangatlah penting di era globalisasi saat ini. Berbagai ahli terus menerus menggali pengetahuan guna mempermudah aktifitas manusia. Indonesia juga tidak mau ketinggalan dalam hal ini. Beberapa tokoh di Indonesia berhasil menciptakan penemuan-penemuan yang diakui oleh dunia, inilah mereka.


1. Prof. B.J Habibie

Mantan Presiden Republik Indonesia ketiga, almarhum BJ. Habibie merupakan insinyur yang ahli di bidang perancangan pesawat. Ia menamatkan studinya di Jerman dan pernah membangun perusahaan pesawat terbang di Indonesia. Habibie, adalah ilmuwan asal Indonesia yang di kenal oleh dunia sebagai Mr. Crak. Hal itu di karenakan beliau adalah orang yang menemukan teori Crack, menghitung crack propagation on random sampai ke atom-atom pesawat terbang, untuk mengetes kualitas pesawat terbang. Selain sebagai penemu Teori Crak ia juga berhasil menciptakan pesawat terbangnya sendiri berjenis CN-235 dan N-250, bahkan beliau juga serta membantu dalam produksi pesawat Eropa berjenis A-300.


2. Prof. Ir. R.M. Sedyatmo

Ilmuwan asal Karanganyar ini merupakan lulusan ITB tahun 1934. Salah satu pria yang dihormati dunia karena menemukan sistem arsitektur infrastruktur yang dikenal dengan pondasi cakar ayam pada tahun 1962. Sistem yang beliau ciptakan dapat berdiri begitu kokoh pada pemasangan pondasi di atas tanah yang tidak stabil. Tentu hal ini menjadi sumber pembangunan suatu proyek. Misalnya bangunan di Indonesia yang menerapkan sistem ini yaitu bandara Seokarno-Hatta.


3. Prof. Dr. Khoirul Anwar

Tidak disangka, penemu teknologi 4G ternyata asal Indonesia. Lulusan Nara Institute of Science and Technology (NAIST) Jepang, beliau merupakan seorang ilmuwan Indonesia yang menemukan konsep dua Fast Fourier Transform (FFT). Teknologi ini lebih dikenal dengan nama 4G LTE di masyarakat umum. Konsep FFT menjadi standar International Telecommunication Union (ITU) yang dipatenkan pada 2005.


4. Yogi Ahmad Erlangga

Beliau adalah seorang ilmuwan berprestasi yang mendapatkan penghargaan Bakrie Award 2012 berkat sukses memecahkan Persamaan Helmholtz. Penemu rumus matematika dalam perminyakan merupakan lulusan Delft University of Technology di Belanda. Beliau tercatat sebagai dokter matematika termuda, rumus yang ditemukannya dapat menyelesaikan berbagai masalah perminyakan.


5. Prof Dr Mezak Arnold Ratag

Ilmuwan asal negara seribu pulau kali ini berpartisipasi pemikirannya dalam bidang astronomi. Beliau asal Malang, Jawa Timur, berhasil menemukan lebih dari 100 buah nebula planeter baru. Bahkan nama beliau juga diabadikan di 120 Planetary Nebula Cluster seperti Ratag-Zijlstra-Pottasch-Menzies dan Ratag-Pottasch cluster.


6. Tjokorda Raka Sukawati

Bagi kalian yang tinggal di kota-kota besar, pasti tidak asing dengan jalan layang. Perancang tersebut yaitu Ir. Tjokorda Raka Sukawati seorang insinyur Indonesia. Beliau menemukan konstruksi Sosrobahu, yang memudahkan pembangunan jalan layang tanpa mengganggu arus lalu lintas pada saat pembangunannya. Sistem ini diakui dunia mampu menghemat tempat dan sangat mengefisiensikan transportasi.


7. Warsito P. Taruno

Beliau merupakan penemu mesin yang dapat membunuh kanker. Pria asal Surakarta ini merupaka lulusan dari Teknik Kimia Shizuoka University Jepang. Dr. Warsito kemudian mengembangkan Center for Tomography Research Laboratory (CTECH Labs) Edwar Technology, pusat riset dan produksi sistem tomografi 4D yang pertama di dunia. Akhir selesai pengembangan tahun 2004, walaupun masih dalam bentuk prototipe. Alat ini diakui dan digunakan oleh Jepang, karena dinilai sebagai alat pelawan kanker yang paling efektif.

Itulah beberapa dari banyaknya orang-orang hebat asli Indonesia. Patut dibanggakan dan berikan apresiasi penuh, agar kelak semakin banyak yang mampu menjadi ilmuwan dunia seperti mereka.

(Vidiana Lihayati)

Berita terkait
Artificial Intelligence untuk Prakiraan Cuaca Jangka Pendek
Bisa memprediksi apakah akan turun hujan dalam waktu dua jam.
Artificial Intelligence Analisis Pembicaraan Telepon Napi di Amerika
Penjara-penjara di Amerika Serikat pertimbangkan gunakan Artificial Intelligence (AI) untuk analisis pembicaraan telepon napi
Negara Mendanai Perjodohan Artificial Intelligence di Jepang
Angka kelahiran di Jepang turun, Pemerintah Jepang bantu dengan cara mendanai sistem perjodohan menggunakan Artificial Intelligence (AI)
0
Indonesia Punya Berbagai Penemuan yang Juga Diakui Dunia
Penemuan tokoh-tokoh ini mempermudah aktifitas manusia dan bermanfaat hingga sekarang.