India Susul China Sebagai Negara Berpenduduk Terbanyak di Dunia

India sedang mengarah untuk menyusul China sebagai negara berpenduduk terbanyak di dunia pada tahun 2027
Warga berbelanja di pasar sayur grosir yang ramai setelah pihak berwenang melonggarkan pembatasan menyusul penurunan kasus Covid-19, di kawasan lama Delhi, India, 23 Juni 2021 (Foto: voaindonesia.com - REUTERS/Adnan Abidi)

Jakarta – India sedang mengarah untuk menyusul China sebagai negara berpenduduk terbanyak di dunia pada tahun 2027. Hal ini menurut keterangan PBB. India sekarang ini juga menghadapi krisis perumahan.

India yang berpenduduk 1,3 miliar itu kini sedang menghadapi gelombang migrasi warga desa ke kota-kota dalam upaya mencari pekerjaan dan pendidikan yang lebih baik. Sedangkan jumlah penduduk China 1,44 miliar.

Namun, rumah yang harganya terjangkau masih menjadi masalah yang belum terselesaikan, menyebabkan permukiman ilegal menjamur serta muncul daerah-daerah kumuh. Perumahan informal sering kali memiliki fasilitas sanitasi yang buruk, drainase yang tidak terencana, serta pasokan air minum dan listrik yang tidak menentu.

anak-anak india naik keretaAnak-anak India naik kereta (semacam becak) dalam perjalanan pulang dari sekolah di pinggiran New Delhi, 26 Februari 2001. (Foto: voaindonesia.com - REUTERS/Pawel Kopcznski/Files)

Bhupinder Kumar, yang tinggal di dekat sebuah permukiman di Ibu Kota New Delhi mengatakan, “Dalam 20 tahun mendatang, orang-orang akan menjadi kanibal karena kurangnya pekerjaan dan rumah.”

Pemerintah India meluncurkan Misi Rumah bagi Semua pada tahun 2015, dengan menetapkan tenggat waktu tahun 2022. Pemerintah ingin membangun 20 juta unit rumah di perkotaan dan 30 juta rumah di kawasan desa.

kerumunan peseta festival Kumbh MelaPeserta festival Kumbh Mela pada 14 April 2021, ketika India mencatat lebih dari 184.000 infeksi baru harian (Foto: bbc.com/news – Reuters)

Negara bagian paling banyak penduduknya di India, Uttar Pradesh, baru-baru ini mengajukan legislasi yang bertujuan untuk mendorong kebijakan dua anak. Berdasarkan usulan pemerintah negara bagian itu yang diungkapkan pada Sabtu, 10 Juli 2021, lalu, pasangan suami istri dengan lebih dari dua anak tidak akan diizinkan menerima tunjangan atau subsidi pemerintah dan akan dilarang mendaftarkan diri untuk mendapatkan pekerjaan di pemerintah negara bagian (uh/ab)/Reuters/voaindonesia.com. []

Berita terkait
WHO: Separuh Penduduk Dunia Kurang Layanan Kesehatan
Sedikitnya separuh penduduk dunia kekurangan layanan kesehatan dasar dan banyak rumah tangga didorong ke dalam kemiskinan setiap tahun.
0
India Susul China Sebagai Negara Berpenduduk Terbanyak di Dunia
India sedang mengarah untuk menyusul China sebagai negara berpenduduk terbanyak di dunia pada tahun 2027