Jakarta, (Tagar 14/8/2018) - Dalam memeriahkan Asian Games 2018, INASGOC membuat aplikasi resmi yang dinamai Asian Games. Dalam aplikasi tersebut, memberikan informasi kabar terbaru mengenai perhelatan Asian Games 2018, dan berita-berita terkini tentang pertandingan khususnya.

"Inilah satu-satunya aplikasi resmi 18th Asian Games 2018. Unduh sekarang juga untuk selalu ter-update dengan 18th Asian Games 2018, di mana pun dan kapan pun," tertulis dalam kolom informasi pada toko aplikasi.

Pada tampilan beranda aplikasi yang berukuran 20MB tersebut, memperlihatkan hitungan mundur event pembukaan Asian Games 2018, di bawahnya terdapat kabar terbaru mengenai perhelatan Asian Games 2018, dan berita-berita terkini tentang pertandingan khususnya. Di sisi bagian kanan aplikasi terdapat toolbar yang menampilkan sejumlah menu, antara lain Berita, Galeri Photo, Video, Hasil, Olahraga, Jadwal, Atlet, Mitra, Tiket dan Pengaturan.

Pada galeri photo terdapat kumpulan foto sesuai dengan event yang dipertandingkan, event pembukaan Asian Games 2018, yang di bawahnya terdapat kabar terbaru mengenai perhelatan Asian Games 2018, dan berita-berita terkini tentang pertandingan. Di sisi bagian kanan, aplikasi terdapat toolbar yang menampilkan sejumlah menu, antara lain berita, galeri photo, video, hasil, olahraga, jadwal, atlet, mitra, tiket dan pengaturan. Ditampilkan pula hasil permainan demi permainan, hingga statistik tim masing-masing pertandingan. 

Di sini pengguna dapat mencari atlet berdasarkan negara, maupun cabang olahraga, sekaligus mengenali atlet favorit lebih jauh dengan profil atlet dari 45 negara.

Aplikasi Asian GamesAplikasi Asian Games. (Foto: Screeshot)



Apple dan Samsung Alami Masalah

Sementara itu, Apple menunda aplikasi obrolan video di FaceTime berisi hingga 32 orang. Grup FaceTime sudah dihapus dari rencana rilis bersamaan dengan iOS 12 dan akan diperbarui sekitar musim gugur ini. iOS 12 saat ini masih berada di tahapan uji coba beta yang ketujuh untuk para pengembang aplikasi. Ada yang menyebutkan aplikasi ini nanti akan dapat digunakan oleh selain perangkat buatan Apple, sedangakan iOS 12 diperkirakan siap pada September mendatang.

Apple sebelumnya sudah pernah menunda peluncuran produk atau pembaruan, salah satunya menunda peluncuran fitur AirPlay yang semula dijadwalkan bersamaan dengan rilis iOS 11. AirPlay direncakan keluar sekitar setahun kemudian, berbarengan dengan iOS 11.4.

Berbeda dari pesaingnya, Samsung bakal menutup pabriknya di China, menyusul merosotnya penjualan dan meningkatnya biaya tenaga kerja, menurut Electronic Times, Senin (13/8). pembuat smartphone terbesar di dunia itu belum mengeluarkan keputusan apapun mengenai nasib operasi pabriknya di Tianjin.

"Pasar smartphone secara keseluruhan mengalami kesulitan karena perlambatan pertumbuhan. Perusahaan telekomunikasi Samsung Electronics Tianjin fokus pada kegiatan yang meningkatkan daya saing dan efisiensi," kata Samsung dalam sebuah pernyataan seperti dikutip Antara.

Samsung memiliki 20 persen dari pangsa pasar China, dan jatuh hingga kurang dari 1 persen tahun ini karena persaingan dengan Huawei, Xiaomi dan brand China lainnya, juga faktor harga. Diketahui, pabrik Samsung di Tianjin memproduksi 36 juta ponsel per tahun dan pabrik Huizhou menghasilkan 72 juta unit per tahun.