UNTUK INDONESIA
Imbas Pandemi Destinasi Wisata Terindah di Jerman Sepi
Imbas pandemi virus corona terhadap pariwisata terjadi di Jerman yaitu destinasi wisata terindah pun sepi pengunjung
Pulau Bunga Mainau (Foto: dw.com/id).

Berlin - Mengunjungi tempat-tempat wisata terindah di Jerman masih bisa dilakukan di tengah pandemi virus corona. Kita bisa berjalan di Kastil Neuschwanstein yang sepi pengunjung, atau menatap patung Nefertiti sesuka hati. Berikut beberapa objek wisata yang sepi di Jerman.

Kastil NeuschwansteinKastil Neuschwanstein (Foto: dw.com/id).

Kastil Neuschwanstein. Raja Ludwig II dari Bayern membangun Kastil Neuschwanstein karena menginginkan kesunyian. Setelah kematiannya tahun 1886, kastil dibuka untuk umum. Di musim liburan sebelum Covid-19, setiap harinya 6.000 orang mengunjungi kastil “raja dongeng” di wilayah Allgäu ini. Sementara pada saat pandemi, jumlah pengunjung hanya 1.080, namun Raja Ludwig pasti akan menyukai suasana yang lebih tenang tersebut.

Katedral CologneKatedral Cologne (Foto: dw.com/id).

Katedral Cologne. Pada masa pandemi, hanya 300 pengunjung yang diperbolehkan masuk ke dalam katedral di saat bersamaan sehingga menyebabkan antrian panjang, terutama di akhir pekan. Namun begitu masuk, pengunjung bisa lebih menikmati katedral terbesar di Jerman ini secara lebih pribadi. Meski wisatawan harus bersiap menunggu lebih lama untuk mendaki menara, tetapi penantian itu tetap sepadan.

Kastil HeidelbergKastil Heidelberg (Foto: dw.com/id).

Kastil Heidelberg. Musim panas tahun ini terasa lebih tenang dari biasanya di reruntuhan romantis di atas Sungai Neckar ini. Dari biasanya 4.000 pengunjung sehari, sekarang hanya setengah dari jumlah tersebut yang bisa mengunjungi Aula Kaisar, Barel Besar, ataupun taman kastil. “Anda dapat menikmati pengalaman kastil yang lebih individual,” kata Michael Bös selaku kepala administrasi kastil.

ElbphilharmonieElbphilharmonie Plaza Hamburg (Foto: dw.com/id).

Elbphilharmonie Plaza Hamburg. Dari ketinggian 37 meter, tamu dapat menikmati pemandangan Hamburg dan pelabuhannya yang sensasional. Saat ini, tiket tetap tersedia untuk para pengunjung namun Gedung Konser Elbphilharmonie merekomendasikan pemesanan tiket dilakukan secara online. Karena aturan menjaga jarak, jumlah orang yang bisa masuk di saat bersamaan dikurangi dari biasanya.

Kubah ReichstagKubah Reichstag di Berlin (Foto: dw.com/id).

Kubah Reichstag di Berlin. Melihat Gerbang Brandenburg dari teras atap gedung Reichstag atau melihat ruang sidang paripurna parlemen Jerman melalui atap kaca, saat ini hanya boleh dikunjungi untuk mereka yang telah terdaftar sebelumnya. Kubah Reichstag yang dirancang oleh arsitek Norman Foster ini tidak akan dapat diakses oleh wisatawan hingga akhir September. Selain itu tidak ada tur gedung dengan didampingi oleh pemandu.

Pulau MuseumPulau Museum di Berlin (Foto: dw.com/id).

Pulau Museum di Berlin. Akses ke berbagai museum di Berlin juga terbatas dan hanya dapat dilakukan setelah memesan tiket dengan slot waktu tertentu, misalnya untuk Museum Pergamon dan Museum Neues. Anda dapat menikmati atraksi seperti patung Nefertiti dengan damai dan tenang. Pada tahun 2019, 4,2 juta orang mengunjungi museum-museum di Berlin. Tahun ini, total pengunjung diperkirakan hanya 30% dari angka tahun lalu.

Pulau BungaPulau Bunga Mainau (Foto: dw.com/id).

Pulau Bunga Mainau. Pulau ini menjadi hotspot turis dengan aransemen bunga musimannya. Biasanya 8.000 tamu setiap harinya memadati Pulau Mainau di Danau Constance namun tahun ini tidak ada pengunjung dari luar negeri dan grup wisatawan lokal yang berkunjung dengan bus. Bagi para pengunjung yang berhasil sampai ke sini, itu adalah sebuah keistimewaan untuk menikmati taman yang indah dengan damai dan tenang.

FrauenkircheFrauenkirche di Dresden (Foto: dw.com/id).

Frauenkirche di Dresden. Gereja terkenal dari abad ke-18 yang hancur pada akhir Perang Dunia II dan dibangun kembali seperti aslinya setelah tahun 1990, adalah magnet bagi wisatawan. Namun saat ini, hanya 50 orang yang diizinkan masuk ke dalam kubah Frauenkirche di saat bersamaan dan hanya 40 pengunjung di dalam gereja. Saat konser, hanya sekitar 350 kursi dari sekitar 1.660 kursi yang boleh diisi.

RothenburgRothenburg ob der Tauber (Foto: dw.com/id).

Rothenburg ob der Tauber. Kota kecil abad pertengahan di Bayern dengan populasi 10.000 orang ini biasanya menarik sekitar 1,9 juta pengunjung setiap tahun. Kebanyakan wisatawan berasal dari Asia dan AS. Tahun ini nyaris tidak ada turis mancanegara, sehingga memberikan kesempatan bagi pengunjung lokal untuk menjelajah kota. Seperti yang ditulis Goethe: “Mengapa pergi jauh? Lihat, hal-hal baik terletak begitu dekat!” (st/ha)/Anne Termeche/dw.com/id. []

Berita terkait
5 Wisata Jerman Pengisi Grup Neraka Piala Eropa 2020
Jerman yang masuk dalam grup neraka Piala Eropa 2020 memiliki banyak tempat wisata yang indah dan elok.
0
HSN 2020, Bupati Magelang: Santri Garda Terdepan Jaga NKRI
Peringatan HSN 2020 di Magelang digelar virtual. Bupati Magelang Zaenal Arifin menyebut santri merupakan garda terdepan menjaga keutuhan NKRI.