UNTUK INDONESIA
Ilmuwan Temukan Tempat Paling Berbahaya di Bumi
Sebuah penelitian menyebutkan bahwa Maroko Tenggara merupakan tempat paling berbahaya dalam sejarah Bumi.
Ilustrasi Dinosaurus. (Foto: Unsplash/Stephen Leonardi)

Jakarta - Sebuah penelitian yang dilakukan oleh tim ilmuwan dan peneliti internasional yang dipimpin oleh ahli paleontologi Nizar Ibraham menyebutkan bahwa ada sebuah tempat yang paling berbahaya dalam sejarah Bumi. Tempat tersebut berada di benua Afrika, tepatnya di Maroko Tenggara.

"Ini bisa dibilang sebagai tempat yang paling berbahaya dalam sejarah planet Bumi, tempat di mana seorang penjelajah waktu tidak akan bisa bertahan lama," kata Ibraham dalam siaran pers University of Portsmouth, sebagaimana dikutip dari Tech Times, Selasa, 28 April 2020.

Tim ilmuwan melakukan survei terhadap makhluk dan geologi di tenggara Maroko yang disebut-sebut sebagai rumah dari Kem Kem Group. Kem Kem merupakan  kelompok geologi di sepanjang perbatasan Aljazair-Maroko di Maroko tenggara, yang strata-nya kembali ke zaman Kapur Akhir. Strata-nya dibagi menjadi dua formasi geologi, yaitu Formasi Douira dan Formasi Gara Sbaa.

Menurut Ibraham, kelompok Kem Kem pernah menjadi rumah bagi dinosaurus pemangsa terbesar dan paling berbahaya yang pernah ditemukan. University of Portsmouth menyebutkan bahwa Maroko tenggara adalah rumah bagi sistem sungai besar yang dipenuhi berbagai spesies hewan air dan darat sekitar 100 juta tahun lalu.

Kem Kem Group juga memiliki fosil tiga dinosaurus pemakan daging terbesar yang pernah ditemukan, termasuk reptil terbang bergigi Sabre, Deltadrous, predator Pterosaurus, hingga pemangsa seperti buaya.

Profesor David Martill dalam laporannya berjudul "Palaeontologist Reveal 'The Most Dangerous Place In the History of Planet Earth'," menyebutkan bahwa sebagian besar pemangsa yang mematikan itu bergantung pada persediaan makhluk laut yang berlimpah.

"Tempat ini dipenuhi dengan ikan yang sangat besar, termasuk coelacanth raksasa dan lungfish. Coelacanth, misalnya, mungkin empat atau bahkan lima kali lebih besar dari coelacanth hari ini. Ada hiu gergaji air tawar besar bernama Onchopristis dengan gigi rostral yang paling menakutkan. Mereka seperti belati berduri, tetapi indah mengkilap,"katanya dalam laporan itu .  

David Martill menegaskan bahwa penelitian ini adalah karya paling komprehensif tentang fosil vertebrata dari Sahara dalam hampir satu abad. Para peneliti mengungkapkan gambaran yang jelas tentang tanah yang penuh dengan gigi.[]

Berita terkait
Bob Balaram akan Terbang ke Mars untuk Misi NASA
Bob Balaram akan melakukan perjalanan panjang menuju Mars untuk menjalankan misi NASA.
Apa Iya Dinosaurus Kebal Peluru?
Indoraptor sempat menunjukkan ketakutan, tapi, segera ia kembali buas dan tidak terluka.
Jejak Kaki Dinosaurus 170 Juta Tahun Akhirnya Ditemukan di Pulau Skotlandia
Jejak kaki itu berada di laguna berlumpur dan dangkal di Pulau Skye.
0
Jenis Olahraga yang Aman Selama Puasa
Namun, saat menjalani puasa Ramadan banyak orang yang malas berolahraga karena takut kelelahan, dan batal puasanya.