Indonesia
Hutan Gunung Guntur Terbakar, Api Meluas Membakar Alang-alang
"Meluas di sekitaran pos tiga," kata Purwantono.
Ilustrasi, etugas berusaha memadamkan api yang membakar lahan di Gunung Guntur, Garut, Jawa Barat. (Foto: Pemda Garut/Dikdik Hendrajaya)

Garut, (Tagar 28/9/2018) – Api yang membakar hutan di Gunung Guntur, Kabupaten Garut, Jawa Barat, terus meluas membakar tanaman alang-alang. "Meluas di sekitaran pos tiga," kata Purwantono kepada wartawan di Garut, Jumat (28/9).

Kepala Seksie Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Wilayah Garut itu menyatakan, kebakaran hutan di Gunung Guntur merupakan kesekian kalinya terjadi selama musim kemarau dan meluas membakar sejumlah blok di hutan tersebut.

Terakhir, kata Purwantono, kebakaran melanda lahan hutan Legok Jambu dan Tapal Kuda wilayah Kecamatan Tarogong Kaler, Kamis (27/9) malam, yang hingga Jumat (28/9) siang kobaran api belum padam.

"Masih (menyala) tapi sudah mulai berkurang," ujar Purwantono.

Terkait luas areal lahan hutan yang terbakar, jelas Purwantono, masih dalam penghitungan oleh petugas yang sudah di terjunkan ke lapangan. "Belum kami hitung," ujarnya.

Sedangkan Hartono, sukarelawan pemadam api kebakaran hutan di Gunung Guntur mengatakan, kobaran api sudah diketahui sejak Kamis (27/9) sore. Kemudian terus membesar hingga menjelang tengah malam.

Upaya pemadaman, kata dia, mengalami kendala peralatan bahkan kesulitan menuju titik api, ditambah angin kencang sehingga api sulit dipadamkan.

"Medan ke atasnya terjal, anginnya kencang," ujar Purwantono.

Petugas gabungan dari BKSDA, TNI, Polri, petugas Dinas Pemadam Kebakaran Garut dan sukarelawan seperti dirilis Antaranews telah diterjunkan untuk memadamkan kobaran api tersebut. []

Berita terkait
0
UAS Diduga Hina Kristen, Berikut Transkrip Lengkapnya
Berikut isi pernyataan UAS yang viral menyatakan salib dan patung jin kafir. Video tersebut telah dilaporkan ormas Brigade Meo.