UNTUK INDONESIA
Hubungan Salmafina dan Sunan Kalijaga Renggang
Isu kepindahan agama Salmafina Sunan dari muslim ke nonmuslim membuat hubungan dia dan ayahnya Sunan Kalijaga kian renggang.
Sunan Kalijaga bersama Salmafina, istri dan putra bungsunya. (Foto: Instagram/salmafinasunan)

Jakarta - Isu kepindahan agama Salmafina Sunan dari muslim ke nonmuslim membuat hubungan dia dan ayahnya Sunan Kalijaga kian renggang. 

Tapi, sebelumnya perempuan kelahiran pada 1999 ini kerap mengunggah kebersamannya dengan keluarganya, khususnya sang ayah di Instagram pribadinya @salmafinasunan.

Keretakan hubungan Sunan Kalijaga dengan putrinya diungkap melalui Instastories pribadinya @sunan_kalijagah pada Senin, 15 Juli 2019. 

Dia mengatakan sudah bertemu dengan putrinya yang sebelumnya tidak diketahui keberadaannya selama dua pekan.

"Alhamdulillah, tadi malam saya bersama tim berhasil menemukan keberadaan anak saya Salma yang semenjak 2 Juli 2019 kami tidak ketahui keberadaannya," tulis Sunan Kalijaga pada Senin, 15 Juli 2019 di Instagram stroies-nya.

Salmafina SunanUngkapan syukur Sunan Kalijaga atas kembalinya putri sulungnya kerumah bertemu keluarga. (Foto: Instagram/sunan_kalijagah)

Kemudian, dia juga meminta kepada semua media untuk tidak mengundang putrinya dalam mengklarifikasi persoalan apa pun, terimakasih," ucap Sunan.

Bukan berarti dia tidak mengizinkan Salma untuk diwawancarai dalam perihal klarifikasi. Namun, putrinya itu harus mengikuti batas waktu yang telah ditentukan oleh Sunan.

Begitulah cara Sunan untuk melindungi putrinya dari cibiran publik yang membuat anaknya malu. Meski begitu, kasih sayangnya sebagai ayah Salma tidaklah datang begitu saja, tapi sudah ada sejak mantan istri Taqy Malik itu masih kecil.

Hal itu diungkapkan Salmafina di akun Instagram pribadinya @salmafinasunan. Dia membagikan kisah masa kecil keluarganya yang tidak memiliki apa-apa. Bahkan membeli pampers dan susu formula pun susah.

Kenangan yang tak terlupakan bagi wanita berstatus janda itu adalah pengorbanan sang ayah yang selalu mengantarkan dia pergi ke sekolah ketika SMP dan SMA.

Meski kadang kala, sang ayah tidak dapat mengantarkan putri sulungnya Salma ke sekolah karena masih kelelahan usai menyelesaikan tugasnya yang dikerjakannya hingga pagi hari.

Melihat pegorbanan besar sang ayah, Salma kecil kadang-kadang enggan membangunkan ayahnya. Dia lebih memilih naik ojek untuk berangkat ke sekolah walaupun dia tahu akan membuat ayahnya marah. Kata Salma, ayahnya itu khawatir apabila dia berangkat sendiri ke sekolah.

Cerita yang masih membekas di benak Salma ketika ayahnya membelikan tas kelinci dan menemani menonton konser band rock saat dia masih SMP.

Sepanjang kenangan bersama keluarga, terutama ayahnya yang tidak pernah memanjakannya itu, dia mendapat pelajaran yang paling berharga. Sejak kecil ayahnya selalu mengajarkan untuk menabung untuk membeli sesuatu jika masih kurang ayahnya menambahkan dari kekurangannya itu

Bukan hanya itu, ketika Salma sudah menikah dengan Taqy Malik, ayah tiga anak itu masih merasa bahwa putrinya belum dimiliki oleh orang lain. Bahkan sang istri kerap mengingatkan.

"Anakmu sudah istri orang kali," tulis Salma sebagai keterangan foto yang diunggahnya pada 17 November 2017.

Hingga saat ini, Sunan sepertinya tidak menyadari jika putri mungilnya yang lahir 20 tahun silam sudah dewasa.

"Kadang I catch you staring at me, kakak gak tau what's on your eyes and mind but sepertinya sampai saat ini ayah belum percaya anaknya udah segede gini," ucap Salma.

Salmafina SunanSurat bukti laporan Sunan Kalijaga kepada pihak kepolisian terkait putrinya Salmafina Sunan tidak pulang selama dua pekan. (Foto: Instagram/sunan_kalijagah)

Bahkan setelah dia bercerai dengan seorang Hafidz asal Banjarmasin, Kalimantan Selatan itu sang ayah tetap memperjuangkan putrinya. Apalagi ketika sang putrinya terseret isu pindah agama hingga Salma pergi dari rumah tanpa memberi kabar kepada kedua orang tuanya selama dua pekan.

Sunan merasa panik dan khawatir sehingga dia langsung melaporkan masalah tersebut kepada pihak kepolisian pada Jumat, 12 Juli 2019.

Baca juga:

Berita terkait
0
Cederai Kakinya, Evan Dimas Maafkan Pemain Vietnam
Gelandang Evan Dimas memaafkan pemain Vietnam yang menginjak kakinya di final SEA Games 2019. Tanpa Evan, Indonesia kalah 0-3 dan gagal raih emas.