HP Kamu Sering Lemot? Coba Deh Trik Ini

Berikut ini adalah cara menjaga dan meningkatkan kinerja ponsel pintarmu, khususnya Android, antara lain.
Ponsel (Foto: Tagar/Freepik/Benzoix)

Jakarta – Pasti jengkel ketika kinerja ponselmu melambat, memori penuh sehingga anda tidak bisa mengunduh sesuatu. Tidak hanya download, bahkan menerima pesan WhatsApp atau email saja sulit. Kalau mengalami hal itu rasanya ingin langsung membeli ponsel baru.

Ada berbagai penyebab mengapa ponsel anda menjadi lelet, misalnya saja banyak aplikasi yang terpasang di ponsel. Sementara kapasitas memori internal dan eksternal sudah hampir penuh. 

Hal ini bisa terjadi di ponsel dengan operasi sistem apapun. Kalau hal ini terus terjadi, akan berdampak buruk dan membuat ponsel cepat rusak. 

Berikut ini adalah cara menjaga dan meningkatkan kinerja ponsel pintarmu, khususnya Android, antara lain.


Matikan Aplikasi Bawaan

Biasanya ponsel jenis apapun sudah terpasang aplikasi bawaan pabrik atau disebut bloatware. Aplikasi bawaan sebenarnya bertujuan memudahkan penggunanya agar tidak perlu mendownload dari Google Play Store. 

Namun kenyataannya aplikasi bawaan ini sering kali tidak berguna dan hanya menghabiskan memori RAM. Agar tidak memakan memori, nonaktifkan saja aplikasi bawaan tersebut dipengaturan.


Matikan Fitur Auto Sync

Sinkronisasi ponsel dengan server dari berbagai akun atau disebut fitur auto sync, bisa membuat kinerja ponsel menjadi lambat karena memakan banyak memori RAM. Disarankan untuk mematikan fitur tersebur agar kinerja kembali normal. Caranya bisa dilakukan di pengaturan ponsel anda.


Uninstall Aplikasi yang Tidak Dipakai

Ketika ponsel masih baru memang ingin menginstall banyak aplikasi, namun lam-kelamaan akan memenuhi memori ponsel. Memori yang mulai penuh akan menimbulkan kinerja yang lebih lambat dari biasanya. 

Untuk mengatasi hal ini, cek kembali aplikasi apa yang jarang dipakai, lalu uninstall saja agar ruang penyimpanan kembali luas.


Buang Widget pada Layar

Alih-alih memudahkan, ternyata widget memakan banyak ruang RAM yang bikin ponsel terasa berat saat digunakan. Untuk memperlonggar memori ponsel, cobalah hapus beberapa widget yang tak terpakai dilayar.


Reset Ulang ke Setelah Pabrik

Jika langkah-langkah diatas tidak membantu membuat kinerja ponsel kembali seperti semula. Ada solusi terakhir yang bisa anda coba, caranya dengan melakukan reset ulang ke setelan pabrik. 

Namun sebelum melakukannya, cadangkan file atau foto penting ke google drive atau ke komputer. Karena reset ke setelan pabrik berarti menghapus semua file dan aplikasi yang terdapat di ponsel.[]


(Egy Setya Ramadhan)

Baca Juga:

Berita terkait
Ribuan Handphone Ditemukan di Dalam Sel Tahanan Lapas Curup
Temuan ini kemudian tidak dimusnahkan, tetapi diserahkan kepada keluarga warga binaan pemasyarakatan
Cara Daftar Vaksin Pelajar Kota Tangerang Via Handphone
Uji coba mekanisme baru vaksinasi ini dengan menggunakan aplikasi yang dapat diakses melalui gawai terbukti lebih cepat dari jalur yang biasanya.
Temui Hotman Paris, Gisel Ngaku Pernah Kehilangan Handphone
Gisel dikabarkan menyambangi pengacara Hotman Paris Hutapea demi melakukan konsultasi hukum atas perkara data di handphonenya yang hilang.
0
HP Kamu Sering Lemot? Coba Deh Trik Ini
Berikut ini adalah cara menjaga dan meningkatkan kinerja ponsel pintarmu, khususnya Android, antara lain.