UNTUK INDONESIA
Heboh Pesta Nikah Saat Corona, Siapa Fahrul Sudiana
Fahrul Sudiana dan Rica Andriani menjadi bahan gunjinagan warganet karena menggelar pesta nikah di tengah pandemi corona. Siapa Fahrul Sudiana?
Momen pernikahan Kapolsek Kembangan Kompol Fahrul Sudiana dan selebgram Rica Andriani. (Foto: Instagram/pernikahankita.id)

Jakarta - Fahrul Sudiana seorang polisi, Kepala Kepolisian Sektor atau Kapolsek Kembangan, Jakarta Barat. Ia menikahi selebgram Rica Andriani, menggelar pesta resepsi di Hotel Mulia di tengah pandemi virus corona Covid-19. Padahal Kepala Kepolisian RI telah mengeluarkan maklumat agar tidak membuat keramaian termasuk pesta pernikahan untuk menghentikan penyebaran virus. 

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengatakan Fahrul Sudiana telah dicopot dari jabatan Kapolsek, dimutasi ke Polda Metro Jaya untuk menjalani pemeriksaan Propam Polda Metro Jaya. Menurutnya, hal itu menjadi konsekuensi dari tindakan yang bersangkutan yang tidak mengikuti maklumat dari Kapolri untuk tidak menggelar keramaian termasuk pesta pernikahan.

"Konsekuensinya terhadap Kapolsek Kembangan ini adalah per TR (surat telegram) mulai hari ini yang bersangkutan dimutasi, ditarik untuk pemeriksaan. Yang bersangkutan memang melanggar aturan disiplin dan langsung dimutasi," kata Yusri Yunus kepada wartawan, Kamis, 2 April 2020.

Pencopotan jabatan Fahrul Sudiana tertuang dalam Surat Telegram Kapolda Metro Jaya bernomor ST/297/IV/KEP/2020 tertanggal 1 April 2020. Dalam telegram itu, Fahrul dimutasikan sebagai Analis Kebijakan Pertama Yanma Polda Metro Jaya.

Siapa Fahrul Sudiana?

Fahrul diketahui merupakan lulusan Akademi Kepolisian angkatan 2006 yang mengawali tugasnya di Polda Bangka Belitung pada tahun 2007 dengan menjabat Kepala SPK II Polresta Pangkal Pinang Polda Babel.

Pada 2008, Fahrul kemudian dipindah menjadi Kanit Patwal Satuan Lantas Polresta Pangkal Pinang Polda Babel dan selang dua tahun ia dipercaya untuk menjabat Kapolsek Mendo Barat Polres Bangka Polda Babel. Tak hanya itu, kariernya semakin moncer dengan menjabat Kapolsek Cisauk Polresta Tangerang pada 2013. 

Yang bersangkutan memang melanggar aturan disiplin dan langsung dimutasi.

Pada 2014 menjadi Kanit STNK Bekasi Seksi STNK Subdit Regident Ditlantas Polda Metro Jaya. Pada 2019 Fahrul resmi diangkat sebagai Kapolsek Kembangan dengan sebelumnya sempat menjabat Kanit I Opsnal Subid Paminal Bidang Propam Polda Metro Jaya. 

Fahrul Sudiana menikah dengan selebgram Rica Andriani dan menggelar pesta di sebuah hotel mewah di kawasan Senayan Jakarta Pusat pada Minggu, 21 Maret 2020.

Momen sakral tersebut menjadi viral di dunia maya dan menjadi bahan gunjingan warganet. Pasalnya, pesta mewah itu melibatkan banyak tamu termasuk sejumlah personel Polri yang menggelar upacara pedang pora. Hal itu dinilai berbanding terbalik dengan banyaknya pesta perkawinan masyarakat umum yang dibubarkan oleh aparat demi memutus penularan Covid-19. 

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Idham Azis telah mengeluarkan maklumat yang diberlakukan sejak tanggal 19 Maret 2020. Maklumat tersebut berisi beberapa poin termasuk di dalamnya larangan membuat keramaian yang melibatkan massa. []

Berita terkait
Selebgram Rica Andriani Istri Eks Kapolsek Kembangan
Rica Andriani mendadak menjadi perbincangan hangat publik ketika beredar foto pernikahannya dengan kompol Fahrul Sudiana di media sosial.
Nyinyir Warganet Kapolsek Kembangan Nikah di Hotel Mulia
Warganet menyinggung lokasi pernikahan Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Kembangan Jakarta Barat Kompol Fahrul Sudiana di Hotel Mulia.
Pesta Nikah Saat Corona, Kapolsek Kembangan Dipecat
Kapolsek Kembangan Kompol Fahrul Sudiana dimutasi lantaran menggelar pesta pernikahan di saat merebaknya pandemi virus corona.
0
‎Ramainya Tempat Ngabuburit di Kota Tegal saat PSBB
Hingga hari kedelapan, Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kota Tegal tidak berjalan efektif.