UNTUK INDONESIA
Haul Gus Dur ke-9, Ganjar Pranowo: Spirit Gus Dur Harus Dihadirkan Kembali
Tidak gontok-gontokan tidak caci maki, tidak ngomong sing cepede cepede, ngomongnya mungkin berbobot.
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. (Foto: Tagar/Romy)

Jakarta, (Tagar 22/12/2018) - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo tak akan melewatkan Haul Gus Dur ke-9. Mengenang sosok Presiden ke-4 yang ia sukai, Gus Dur selalu mempunyai selera humor baik yakni humor yang membuat senang semua orang.

"Kalau kita bicara sosok yang saya suka dari beliau itu lucu, orang lucu itu bisa menghibur. Pak Gus Dur itu bisa menghibur," tutur Ganjar usai mengikuti Haul ke-9 kepada Tagar News di Kediaman Gus Dur, Jalan Warung Silah, Ciganjur, Jakarta Selatan, Jumat Malam (21/12).

"Dalilnya bagus, guyonannya tidak menyakitkan begitu kan dan membikin orang senang. Kalau orang senang hatinya dia tidak akan bermusuhan tidak akan caci maki tidak akan menjadi haters," sambungnya mengenang pribadi Gus Dur.

Ditengah suhu politik yang kian memanas, memang sosok KH Abdurrahman Wahid, semestinya bisa dihadirkan kembali. Agar, kebiasaan Gus Dur bercanda ria, tertawa bersama mendengar cerita lucu bisa menyejukan suasana yang sangat tegang. Dengan demikian berbagai pihak bisa mengendalikan emosi dan saling menghormati.

"Suasana seperti hari ini, rasa-rasanya spirit Gus Dur harus dihadirkan lagi, tidak gontok-gontokan tidak caci maki, tidak ngomong sing cepede cepede, ngomongnya mungkin berbobot ya," terang dia.

Sosok Gus Dur menjadi salah satu sosok yang masih dikagumi hingga kini apalagi dalam hal perdamaian. Terbukti, kebaikan yang pernah Gus Dur torehkan masih membekas dalam ingatan semua pihak.

"Tadi lihat haulnya, yang datang bukan orang NU saja bukan orang muslim saja dari segala etnis semuanya dan semua menceritakan," tutup Ganjar. []

Berita terkait
0
Dampak Corona, Bank Apresiasi Pelonggaran Kebijakan
Pelaku industri perbankan merespon positif pelonggaran kebijakan pada sektor finansial pasca merebaknya virus corona jenis COVID-19.