UNTUK INDONESIA
Hari Anak Nasional, Langkanya Lagu Anak Saat Ini
Di Hari Anak Nasional, Tagar mencoba melihat lagu anak yang makin langka. Akibatnya anak cenderung menyanyikan lagu orang dewasa.
Ilustrasi. (Foto: Pixabay)

Jakarta - Sejumlah lagu anak sesekali masih diputar dalam beberapa kesempatan. Namun, bila menelisik lebih jauh, rilisan terbaru lagu anak kini sangat langka. Akibatnya anak-anak kecil cenderung menyanyikan lagu orang dewasa. Hal itu menimbulkan kekhawatiran bagi beberapa kalangan.

Salsa, perempuan yang sehari-harinya berperan sebagai ibu rumah tangga mengaku harus putar akal untuk mengakali kelangkaan lagu anak terbaru yang dirilis oleh musisi cilik. Namun, Salsa punya cara, beberapa hal dilakukannya agar anak bisa menikmati lagu sesuai usia.

Salsa mengandalkan YouTube sebagai media untuk memperdengarkan lagu-lagu ke anaknya. Sebagai seorang ibu, dia mengaku harus pandai memilih lagu yang bisa dinikmati anaknya. Terlebih, anaknya masih tergolong balita, harus diberikan suguhan sesuai usia.

"Langkanya lagu anak membuat para orang tua harus kreatif mencari ide, bisa pakai dengan cara membuat lagu sendiri dari kegiatan sehari-hari misalnya. Kita juga dipermudah dengan teknologi," kata Salsa kepada Tagar, Selasa, 23 Juli 2019.

Ibu muda lainnya yang juga memberikan pengenalan tentang lagu anak melalui YoutTube ialah Citra Puspita Sari. Perempuan yang masih menempuh pendidikan magister ini menyebut, YouTube menjadi opsi untuk mengenalkan lagu anak.

"Sekarang kan ada 'YouTube Kids' jadi bisa dari situ memberi tahu lagu anak, ya walaupun itu lagu zaman dulu saat saya masih kecil," kata Citra.

Langkanya lagu anak yang diluncurkan dewasa ini, membuat Pendiri Yayasan Cerdas Indonesia Ariawan ikut merasa prihatin. Padahal lagu anak merupakan bentuk nyata terhadap realitas yang dijalani tiap buah hati yang berkembang.

"Yang jelas kita prihatin dengan sulitnya anak-anak kecil saat ini menemukan lagu-lagu anak. Bagaimanapun lagu-lagu anak dibutuhkan dan sangat membantu mereka untuk mengenal dunianya," kata Ari.

Dosen Komunikasi Politik ini menyampaikan harapannya agar ke depan generasi muda dapat menciptakan lagu-lagu anak berkualitas. Karena, jika anak-anak perlu diberikan edukasi melalui lagu. Tentunya, lagu yang disuguhkan merupakan lagu yang sesuai dengan usianya.

Baca juga:

Berita terkait
0
Weh, Harta Bos Garuda Ari Askhara Puluhan Miliar
Dipecat Erick Thohir, kehidupan pribadi Ari Askhara menjadi sorotan. Dengan gaya hidup meragukan, berapa banyak hartanya? Berikut perinciannya.