Jakarta, (Tagar 5/12/2018) - Bahar Smith salah satu pendakwah keagamaan yang cukup ternama di Indonesia. Sosok pria kritis berambut gondrong itu dianggap kontroversi oleh publik, lantaran beberapa kali mengorasikan dakwah yang mengkritik pemerintah Indonesia dengan nuansa provokatif.

Beberapa waktu lalu, Tagar News menyambangi langsung pondok pesantren (Ponpes) Tajul Alwiyyin milik Bahar di Desa Pabuaran, Kemang, Bogor, Jawa Barat.

Di kompleks Ponpes, terparkir beberapa kendaraan roda empat berjenis sedan sport, jeep mentereng, hingga ke mobil klasik yang diduga milik penceramah kelahiran Manado, 33 tahun silam itu.

Berikut data mobil Bahar bin Smith:

Mobil Bahar SmithMaserati GranTurismo Sport, memiliki harga jual super tinggi di Indonesia. (Foto: Tagar/Morteza)

Maserati GranTurismo Sport

Sedan sport berwarna putih terparkir di samping aula utama yang digunakan sebagai tempat solat, sekaligus tempat belajar mengajar santri ponpes Tajul Alwiyyin. Mobil elegan itu diketahui bermerk Maserati GranTurismo Sport, memiliki harga jual super tinggi di Indonesia. Mengutip oto.com, harga mobil dua pintu impor asal Italia itu dibandrol dengan harga Rp 3,5 - 3,96 Miliar.

Setara dengan Ferrari, Lotus dan Aston Martin, Maserati merupakan salah produsen mobil papan atas di dunia. Tercatat, artis Judika, Verrel Bramasta, hingga Lionel Messi mengoleksi kendaraan yang sama dengan milik Bahar Smith.

Mobil Bahar SmithToyota Land Cruiser Cygnus berpelat B 1 MPR. (Foto: Tagar/Morteza)

Toyota Land Cruiser Cygnus 

Sebuah mobil gagah berpelat B 1 MPR terparkir di pelataran Ponpes Tajul Alwiyyin. Kata santri yang sedang mencuci mobil, Toyota Land Cruiser Cygnus berwarna hitam itu merupakan mobil milik Bahar bin Smith.

Meskipun bukan tergolong mobil baru, mobil tersebut saat ini merupakan salah satu mobil yang cukup elegan di mata masyarakat, karena sering dipakai dikalangan pejabat instansi pemerintah. Harga mobil Toyota Land Cruiser Cygnus second saja, saat ini berkisar antara Rp. 295.000.000 - Rp. 425.000.000.

Mobil Bahar SmithMobil pabrikan asal Jerman bertipe cabriolet atau atap terbuka. (Foto: Tagar/Morteza)

Mercedes-Benz 300 SL

Terdapat juga sebuah mobil mercy classic yang terparkir di pelataran Ponpes Tajul Alwiyinn. Mobil pabrikan asal Jerman itu bertipe cabriolet atau atap terbuka. Mengutip shannons.com.au, pada tahun 2012 Mercedes tipe ini telah dilego ke pembeli dengan harga $17,500 atau setara dengan Rp 262.500.000 jika diukur dengan Rp 15.000/USdolar. []