UNTUK INDONESIA
Harga Minyak Dunia Turun, Dampak Ketegangan AS-China
Meningkatnya ketegangan AS-China dalam perundingan perdagangan berimbas negatif terhadap harga minyak dunia yang Senin kemarin mengalami penurunan
Sebuah kilang minyak di tengah laut. (Foto: Antara/Risbiani Fardaniah)

Jakarta – Harga minyak dunia Senin, 14 Oktober 2019 turun lebih dari dua persen karena imbas meningkatnya tensi ketegangan antar China dengan Amerika Serikat dalam perundingan dagang. Ini melemahkan optimisme atas pencairan AS-Sino yang telah mampu mengangkat pasar minyak pada akhir pekan lalu.

Harga minyak mentah Brent LCOcl turun 1,46 dolar AS menjadi 59,05 dolar AS per barel. Sementara untuk varian minyak yang lain yakni West Texas Intermediate (WTI) CLc1 turun 1,27 dolar AS menjadi 53,43 dolar AS per barel.

Pada Jumat malam lalu, China dan Amerika Serikat menyelesaikan tahap pertama perundingan kesepakatan perdagangan dan menangguhkan kenaikan tarif yang dijadwalkan akan berlaku pada minggu ini. Para pejabat dua negara ini menyebutkan jika lebih banyak pekerjaan yang dibutuhkan sebelum kesepakatan tercapai. 

“Pasar mengambil sikap hati-hati mengenai apa yang mungkin akan terjadi berikutnya mengingat masalah pelik kebijakan industri, hak kekayaan intelektual, alih teknologi tidak bisa diatasi," kata ahli strategi minyak BNP Paribas Harry Tchilinguirian seperti yang dilansir oleh Reuters.

Minyak mentah Brent dan WTI naik lebih dari tiga persen pada minggu lalu, yang menjadi kenaikan pertama dalam tiga minggu terakhir. Kenaikan harga minyak itu setelah penyerangan kapal tanker milik Iran di Laut Merah. "Pasar masih menunggu reaksi Iran terhadap penyerangan kapal tanker," kata analis JBC yang diberitakan Reuters.

(Dimas Wijanarko)


Berita terkait
Harga Minyak Dunia Naik Akibat Serangan Teroris
Harga minyak dunia naik pada hari Rabu karena investor khawatir pasokan global yang dipicu serangan teroris (drone).
Konflik di Irak Buat Harga Minyak Dunia Melonjak
Harga minyak dunia merangsek ke tertinggi selama bulan ini, Selasa, setelah pasukan Irak menduduki kota Kirkuk.
Ketegangan Teluk Pengaruhi Harga Minyak
Menteri Darmin Nasution memandang ketegangan geopolitik di Timteng akibat pemutusan hubungan diplomatik kepada Qatar dapat berdampak pada harga minyak global.
0
Tiga Cara Tekan Kasus Covid-19 di Jawa Barat
Gubernur Jabar, Ridwan Kamil, yakin dengan 3 strategi yakni PSBB, larangan mudik dan tes masif maka peningkatan Covid-19 bisa ditekan di Jabar