UNTUK INDONESIA
Harga Emas Dunia Cetak Rekor Baru
Harga emas dunia menorehkan rekor baru pada perdagangan Selasa, 28 Juli 2020 mencapai US$ 1.98127 per ons.
Ilustrasi emas logam. (Foto: telegraph.co.uk).

Jakarta - Harga emas dunia menorehkan rekor baru pada perdagangan Selasa, 28 Jul 2020. Kekhawatiran melonjaknya kasus pandemi Covid-19 membuat inevestor beralih ke produk investasi aman (safe haven).

Seperti diberitakan dari Channel News Asia, ketidakpastian virus Covid-19 dikombinasikan dengan semakin tegangnya hubungan China-Amerika Serikat (AS) mendorong harga emas dunia melonjak hampir 30%. Harga emas tercatat mencapai US$ 1.981,27 per ons yang merupakan rekor tertinggi.

Tampaknya ada cukup momentum dalam pasokan uang AS untuk benar-benar mendorong emas lebih tinggi.

Baca Juga: Harga Emas Tembus Rp 1 Juta, Jual atau Beli Ya 

Pengamat memperkirakan harga emas bisa menembus angka US$ 2.000 per ons pada awal minggu ini. Para investor menunggu pertemuan bank sentral Amerika Serikat (Fedeal Reserve- The Fed) yang kemungkinan akan mengeluarkan kebijakan pelonggaran ekonomi lebih lanjut untuk mendukung perekonomian.

Perburuan emas batangan juga mengimbas harga perak dunia. Pada perdagangan Selasa, harga perak menembs level tertinggi dalam tujuh tahun terakhir yakni US$ 26 per ons.

Data pertumbuhan ekonomi kuartal kedua AS juga akan dirilis minggu ini. Pembacaan yang mengecewakan tentang apa yang diharapkan sebagai kontraksi bersejarah dapat memicu pelemahan dolar lebih lanjut.

"Tampaknya ada cukup momentum dalam pasokan uang AS untuk benar-benar mendorong emas lebih tinggi," kata analis Fat Prophets, David Lennox.

Simak Pula: Mesir Temukan Deposit Emas 28 Ton Bernilai US$ 1 M

Ketika Covid--19 terus merusak perekonomian, mungkin ada lebih banyak tindakan stimulasi yang akan datang. Ketika dolar AS melemah, jelas emas akan membaik, tetapi itu lebih merupakan masalah percepatan pasokan uang AS. []

Berita terkait
Pelopor Mata Uang Emas Dunia Berasal dari Aceh
Sultan Mahmud Malik Az-Zahir dianggap sebagai pelopor mata uang emas pertama di dunia yang berasal dari kerajaan di Aceh.
Penyelundupan Emas di India Picu Pertikaian Politik
Petugas bea cukai bandara di negara bagian Kerala, India menemukan lebih dari 30 kilogram emas yang disembunyikan di kamar mandi.
Mesir Temukan Deposit Emas 28 Ton Bernilai US$ 1 M
Mesir menemukan deposit emas yang diperkirakan mencapai lebih dari satu juta ones atau sekitar 28,3 ton dengan nilai lebih dari US$ 1 miliar.
0
Harga Emas Dunia Cetak Rekor Baru
Harga emas dunia menorehkan rekor baru pada perdagangan Selasa, 28 Juli 2020 mencapai US$ 1.98127 per ons.