UNTUK INDONESIA
Harga Beras Medium Tinggi, Begini Cara Pemprov Jatim Menekan Harga
Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Prov Jatim M Ardhi Prasetyawan mengatakan harga eceran tertinggi (HET) beras medium Rp 9.450 per kg.
Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Prov Jatim M Ardhi Prasetyawan (lut)

Surabaya, (Tagar 27/2/2018) - Meski menjelang masa panen, namun harga beras tingkat medium di kawasan Jatim masih terbilang tinggi, harga dipasaran mencapai Rp 10.600 per kg. Sedangkan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Prov Jatim M Ardhi Prasetyawan mengatakan harga eceran tertinggi (HET) beras medium Rp 9.450 per kg.

Sebagai upaya menekan harga biar tak terus naik sehingga membebani masyarakat, Pemprov Jatim bekerjasama dengan Bulog melakukan operasi pasar. Harga yang ditetapkan dalam operasi pasar pun ditetapkan Rp 9.350 per kg atau masih dibawah HET.

Namun, lanjut Ardhi, operasi pasar lebih ditujukan pada para pedagang yang membutuhkan beras cukup besar, seperti warung makan, nasi goreng dan lainnya.

"Kalau kami jual ke toko tentu tidak Rp 9.350 per kg, harga itu adalah harga jual mereka. Sedangkan dari kami harganya sekitar Rp 8.900 per kg. Dengan demikian pedagang sudah dapat laba," kata Ardhi Selasa (27/2).

Operasi pasar sendiri sudah dimulai sejak 9 November 2017 lalu dan masih berlangsung sampai saat ini. Malah sejak 9 Januari 2018 lalu operasi pasar semakin diperbesar lagi.

Sementara itu, untuk beras premium malah sebaliknya, harga saat ini di pasar lebih rendah dari pada HET. Untuk jenis bengawan harga Rp 12.100 per kg dan mentik Rp 11.800 per kg. Sementara untuk HET beras premium mencapai Rp 12.800 per kg.

Untuk meningkatkan stok beras di Jatim, Ardhi meminta pada bulog untuk membeli beras secara besar besaran pada saat panen raya Maret, April dan Mei nanti. Sebab dalam panen raya tersebut diperkirakan hasil panen mencapai 1,7 juta ton beras.

Untuk diketahui, target panen pada tahun ini adalah 8,7 juta ton. Jumlah tersebut meningkat dibanding tahun lalu yaitu 8,5 juta ton. Dengan target 8,7 juta ton beras, maka pada tahun ini Jatim diperkirakan akan mengalami surplus hingga 5,1 juta ton. (lut)

Berita terkait
0
Ikut Kemah, Pelajar Pematangsiantar Tewas di Danau Toba
Putri Sinambela, 16 tahun, seorang pelajar asal Kota Pematangsiantar ditemukan tewas di perairan Danau Toba.