Jakarta, (Tagar 14/10/2017) - Sebuah perusahaan teknologi di Nevada Amerika Serikat, Spot LLC, bisa merubah Handphone menjadi telepon satelit caranya hanya dengan memakai SPOT Connect.

SPOT Connect merupakan komunikator satelit yang mampu mengirim pesan melalui jaringan satelit Globalstar dari sistem operasi smartphone. Keunggulan telepon satelit ini adalah daya jangkaunya lebih luas ketimbang handphone yang memakai Base Transceiver Station (BTS) yang ditempatkan di darat.

Telepon satelit menempatkan BTSnya di udara oleh karena itu telepon satelit dapat digunakan di daerah pegunungan dan di tengah lautan. Walaupun smartphone telah berubah fungsi menjadi telepon satelit, pengguna tetap dapat mengirim pesan, browsing internet dan mengakses jejaring sosial.

"Para penjelajah dunia dapat menggunakan smartphone dengan biaya yang lebih efisien karena mereka memiliki komunikasi satelit pribadi dari smartphone mereka. Caranya mudah, pengguna harus mendowload aplikasi SPOT Connect terlebih dahulu," kata Presiden Spot LLC dan CEO Globalstar, Inc, Peter Dalton.(dbs/wwn)