UNTUK INDONESIA
Hal yang Perlu Dilakukan Pendaki Gunung Saat Tersesat
Pendaki gunung Thoriq Rizki Maulidan hilang di Gunung Piramida. Sebenarnya ada beberapa tips saat tersesat mendaki gunung.
Pendaki Gunung Rinjani yang sempat terjebak longsor akibat gempa bumi tiba di Pos Bawaknao, Sembalun, Lombok Timur, NTB, Senin (30/7/2018). Sebanyak 560 pendaki sempat terjebak di Gunung Rinjani akibat gempa bumi yang terjadi pada hari minggu (29/7/2018). (Foto: Antara/Akbar Nugroho Gumay)

Jakarta - Baru-baru ini dunia pencinta alam menjadi perhatian, khususnya pendaki gunung, karena Thoriq Rizki Maulidan dinyatakan hilang di Gunung Piramida pada 23 Juni 2019. Sebenarnya ada beberapa tips yang perlu dilakukan saat tersesat mendaki gunung.

Thoriq bukanlah satu-satunya orang yang mengalami kisah tragis saat mendaki gunung. Namun hal itu menjadi pelajaran bagi pecinta alam untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan saat menyalurkan hobi itu.

Meski tidak semua pendaki mengalami hal buruk, tapi perlu melakukan langkah antisipasi dan membekali diri dengan ilmu bertahan hidup untuk menyelamatkan diri. 

Berikut ini Tagar merangkum dari berbagai sumber, hal-hal yang perlu dilakukan saat tersesat saat mendaki gunung, yaitu

1. Duduk

Tidak menutup kemungkinan jika sedang tersesat, pikiran akan menjadi kacau, panik dan bingung. Hal pertama yang perlu dilakukan adalah duduk dan mencoba menenangkan pikiran dan tetap berpikir positif.

2. Berpikir

Setelah merasa tenang, cobalah untuk berpikir mencari jalan pulang dengan kembali ke titik awal, agar Tim SAR (search and rescue) lebih mudah menemukan. Jika hari mulai gelap, carilah ruang terbuka dan datar sebagai tempat aman untuk beristirahat.

3. Membuat tanda jejak

Hal paling penting dilakukan ketika tersesat adalah membuat jejak dengan menyusun batu, memasang tali, atau kayu berbentuk nama sebagai tanda agar bisa ditemukan dari udara. Sebelumnya perlu belajar cara membuat tanda jejak terlebih dahulu dan persiapan lainnya secara matang.

4. Carilah dedaunan muda sebagai bekal hidup

Jika pasokan makanan habis, memakan dedaunan muda akan membantu kelangsungan hidup di hutan, sebab dedaunan muda mudah untuk dicerna.

Bukan berarti semua yang ada digunung bisa dimakan. Sebagai seorang pendaki harus bisa membedakan makanan yang bisa dikonsumsi. Konon, ada pendaki Australia meninggal karena mengonsumsi buah yang biasa dimakan suku Aboringin.

5. Penting membawa kompas saat mendaki.

Penunjuk arah itu membantu menunjukan arah dan pemukiman penduduk terdekat.

Namun pada intinya, sebelum memulai perjalanan mendaki gunung harus mempersiapkan diri dengan matang. []

Baca juga:

Berita terkait
0
Idham Azis Pilih Listyo Prabowo Sebagai Kabareskrim
Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis menunjuk Kadiv Propam Polri Irjen Pol Listyo Sigit Prabowo menjadi Kabareskrim Polri.