Gus Yaqut Heran Indonesia Belum Diizinkan Masuk Saudi

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengaku belum memahami kenapa Indonesia belum mendapat izin masuk dari Pemerintah Arab Saudi.
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. (Foto:Tagar/Kementerian Agama)

Jakarta - Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengaku belum memahami kenapa Indonesia belum mendapat izin masuk dari Pemerintah Arab Saudi. Selain itu, Menag juga belum tahu kriteria yang digunakan negara tempat melaksanakan ibadah haji itu.

Penanganan Covid di Indonesia termasuk relatif bagus. Saya belum tahu kenapa warga Indonesia masih belum diizinkan masuk ke Saudi.

Pernyataan ini, terkait kabar otoritas penerbangan Saudi yang baru saja memberikan izin masuk untuk 11 negara, yaitu: Uni Emirat Arab, Amerika Serikat, Italia, Inggris, Irlandia, Jepang, Jerman, Perancis, Portugal, Swedia, dan Swis.

Jemaah HajiJemaah Haji masih menunggu kepastian dari Pemerintah Arab Saudi. (Foto: Tagar/ Pexels/Konevi)

"Penanganan Covid saya kira menjadi isu penting. Penanganan Covid di Indonesia termasuk relatif bagus. Saya belum tahu kenapa warga Indonesia masih belum diizinkan masuk ke Saudi," tutur Menag yang akrab disapa Gus Yaqut ini di Jakarta, Selasa, 1 Juni 2021.

Padahal menurutnya, jumlah kasus Covid-19 di Indonesia masih lebih rendah dibanding sejumlah negara yang diizinkan masuk. Bahkan Amerika Serikat yang menjadi negara dengan kasus tertinggi di dunia telah izinkan masuk negara tersebut.

umroh2Ilustrasi: Masjidil Haram di Makkah, Arab Saudi, kembali dibuka untuk ibadah umrah pada Oktober tahun 2020 bagi yang sudah divaksin Covid-19 dua kali (Foto: bbc.com/news)

"Kalau diurutkan, USA tertinggi jumlah kasus Covid-19 di dunia. Perancis di urutan 8, Italia urutan 9, Jerman urutan 17, sementara Indonesia di urutan 19 jumlah kasus Covidnya," ungkap Gus Yaqut.

"Jadi saya belum tahu kriteria yang digunakan Saudi," tegasnya. []

Berita terkait
Menag Yaqut Revitalisasi KUA Seluruh Indonesia
Menag Yaqut fokus merevitalisasi layanan Kantor Urusan Agama (KUA) di seluruh Indonesia dengan jumlah lebih dari 5.945 unit.
Kejutan Gus Yaqut, Tiap Acara Harus Dimulai dengan Doa Semua Agama
Kementerian Agama tidak hanya mengurusi kebutuhan umat Islam, maka setiap acara di Kemenag harus didahului dengan doa semua agama. Gus Yaqut.
Sejarah KUA, dari Lembaga Kepenghuluan Menjadi Kantor Urusan Agama
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengatakan, bahwa KUA menjadi bagian yang tidak terpisahkan dengan kesejarahan Indonesia.
0
Gus Yaqut Heran Indonesia Belum Diizinkan Masuk Saudi
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengaku belum memahami kenapa Indonesia belum mendapat izin masuk dari Pemerintah Arab Saudi.