UNTUK INDONESIA

Gunakan Hak Interpelasi, PSI: Anies Baswedan Langgar Protkes

Politisi PSI Anggara Wicitra Sastroadimojo bakal gunakan hak interpelasi DPRD DKI panggil Gubernur Anies Baswedan diduga langgar protokol kesehatan
Politisi PSI Anggara Wicitra Sastroadimojo bakal gunakan hak interpelasi DPRD DKI panggil Gubernur Anies Baswedan yang diduga melanggar protokol kesehatan Covid-19. (foto: PSI).

Jakarta - Fraksi Partai Solidaritas Indonesia (PSI) DKI Jakarta akan menggulirkan hak interpelasi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), meminta keterangan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang membiarkan hajat pentolan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab jadi magnet kerumunan massa di tengah pagebluk Covid-19.

Politisi PSI Anggara Wicitra Sastroadimojo menekankan, gagasan partainya berusaha memanggil Anies untuk menanyai dugaan pembiaran saat Rizieq Shihab membuat acara di markasnya, Petamburan. Padahal pada saat bersamaan, Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi DKI masih berjalan.

Kami ingin mengetahui mengapa Pak Gubernur malah melanggar protokol kesehatan.

“Kami perlu tekankan bahwa pemanggilan ini bukan urusan politik, namun ini adalah tentang penegakan protokol kesehatan yang menyangkut nyawa ribuan warga Jakarta," kata Anggara melalui keterangan tertulis diterima Tagar, Senin, 16 November 2020.

Baca juga: Soal Rizieq, Polisi Ungkap Agenda Pemeriksaan Anies Baswedan

Wakil Ketua Komisi E DPRD DKI itu menyayangkan sempat terjadinya kerumunan massa. Apalagi, kata Anggara, informasi soal hajatan dan Maulid Nabi Muhammad SAW di Petamburan sudah Rizieq buka saat melakukan pengumuman langsung dari Arab Saudi. Akan tetapi, Anies justru tidak antisipatif menangani persoalan.

Rizieq ShihabFerdinand Hutahaean: Pentolan FPI Habib Rizieq Shihab disebut tidak peduli Covid-19 namun Kepala BNPB Doni Monardo malah kirim masker. (foto: YouTube/Front TV).

"Namun, Pak Gubernur Anies tidak ada niat untuk menegakkan aturan yang dibuatnya sendiri,” ujar Anggara.

Dijelaskannya, rencana DPRD melakukan pemanggilan terhadap Anies Baswedan untuk membahas ditegakkannya Peraturan Daerah (Perda) dan Undang-undang (UU) nomor 6 tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan dengan sanksi wajib menjalankan isolasi mandiri selama 14 hari.

“Agar pandemi Covid-19 bisa ditangani, semua pihak harus disiplin dan pihak pemerintah harus memberikan contoh. Kami ingin mengetahui mengapa Pak Gubernur malah melanggar protokol kesehatan," ujar Anggara.

Selanjutnya, kata dia, jika Pemprov DKI dan para pejabatnya tidak memberi contoh baik, ia nilai segala macam protokol dan aturan yang sudah dibuat tidak akan bermakna apa-apa bagi masyarakat. Hal ini, kata dia, mengancam warga DKI dengan kian meluasnya wabah virus corona.

Anies BaswedanGubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dalam salah satu kesempatan. (Foto: Tagar/Anton Raharjo via Getty Images)

"Oleh sebab itu, tindakan Pak Gubernur ini bisa dikategorikan telah membahayakan nyawa ribuan warga Jakarta,” ucap Anggara.

Baca juga: Buntut Rizieq Kumpulkan Massa, Anies Baswedan Dipanggil Polisi

Gubernur Anies rencananya akan dipanggil polisi pada Selasa, 17 November 2020. Dengan agenda, dimintai keterangan sebagai saksi terkait pelanggaran protokol kesehatan di markas FPI pekan lalu. 

Kepala Divisi Humas Polri Inspektur Jenderal Pol Raden Prabowo Argo mengatakan, penyidik akan mengklarifikasi Anies terkait ada tidaknya dugaan pidana Undang-undang Kekarantinaan Kesehatan. Sebab, pernikahan Najwa Shihab, yang tak lain adalah putri Rizieq, dihadiri ribuan orang dan melanggar protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19.

"Tindak lanjut penyidik dalam perkara (pelanggaran) protkes (protokol kesehatan) atas diselenggarakannya acara resepsi pernikahan putri (Rizieq Shihab), penyidik sudah mengirimkan surat klarifikasi kepada Gubernur DKI dan beberapa tamu yang hadir," kata Irjen Pol Raden Prabowo Argo Yuwono di Kantor Bareskrim Polri, Jakarta, Senin, 16 November 2020. []

Berita terkait
Ditanya Pelanggaran Rizieq Shihab, Anies Ungkit Protkes Pilkada
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat ditanyakan pelanggaran protokol kesehatan Habib Rizieq Shihab justru ungkit protkes di Pilkada 2020.
Nikita Mirzani, Maaher, dan Rizieq Shihab
Komentar Nikita Mirzani tentang Rizieq Shihab berbuntut panjang. Ancaman pun terhadap artis ini.
Kapolda Dicopot Gegara Rizieq Shihab, DPR: Jangan Tebang Pilih
Anggota Komisi III DPR Herman Hery menanggapi pencopotan Kepala Kepolisan Daerah (Kapolda) dan Kapolda Jawa Barat gegara Rizieq Shihab.
0
Gunakan Hak Interpelasi, PSI: Anies Baswedan Langgar Protkes
Politisi PSI Anggara Wicitra Sastroadimojo bakal gunakan hak interpelasi DPRD DKI panggil Gubernur Anies Baswedan diduga langgar protokol kesehatan