UNTUK INDONESIA
Gempa Bumi Magnitudo 4,9 Guncang Nusalaut Maluku
Senin, pukul 02.36 WIB, gempa bumi mengguncang Nusalaut, Kabupaten Maluku Tengan, Provinsi Maluku, BMKG imbau masyarakat waspada gempa susulan
Ilustrasi - Gelombang frekuensi, peta gelombang lingkaran dunia. (Foto: Antara/Shutterstock/pri.

Jakarta - Gempa bumi dengan magnitudo 4,9 mengguncang Nusalaut, Maluku Tengah, Maluku, Senin pukul 02.36 WIB.

Menurut informasi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) dalam situs www.bmkg.go.id, gempa bumi terletak pada kedalaman 10 km, pada koordinat 3.66 LS - 128.80 BT.

Pusat gempa berada di laut, 3 km Timur Laut Nusalaut. Getaran gempa dapat dirasakan pada skala III MMI (Modified Mercalli Intensity) di Saparua, dan II MMI di Ambon.

BMKG mengimbau masyarakat di lokasi gempa mewaspadai potensi terjadinya gempa bumi susulan, seperti dilaporkan Antara.

Sebelumnya, Minggu, 17 Novembe 2019, pukul 21.08 WIB, gempa bumi dengan magnitudo 2,9 juga melanda Ambon, Maluku.

Gempa di Ambon, terjadi pada koordinat 3.55 LS dan 128.27 BT di kedalaman 10 km. Pusat gempa terjadi di darat 19 km Timur Laut Ambon dan dapat dirasakan pada skala II-III MMI di Tulehu, Maluku. []

Berita terkait
Ini Penyebab Gempa di Maluku Utara, Ambon dan Bali
BMKG menyebut gempa bumi di Ambon akibat aktivitas sesar aktif yang belum terpantau sebelumnya. Selain itu memiliki mekanisme sesar geser.
Gempa Guncang Ambon 2.345 Kali, Dirasakan 269 Kali
Sejak 23 September 2019 hingga Sabtu 16 November 2019 Ambon sudah 2.345 kali gempa bumi. Dari jumlah itu 269 kali dirasakan warga.
6 Aplikasi Pemantau Gempa Bumi
Wilayah Indonesia kerap kali dilanda gempa dalam beberapa daerah. Berikut 6 aplikasi yang dirancang untuk memantau gempa bumi.
0
Himasil Lhokseumawe Galang Dana Kebakaran Pesantren
Himasil Lhokseumawe melakukan aksi galang dana untuk korban musibah kebakaran Pesantren Al-Waliyah Darussalam, Aceh Selatan.