Ganjar dan Ridwan di Papua, Wasisto: Bermakna Tebar Pesona

Pakar Politik Wasisto Raharjo Jati menyebut kehadiran Ganjar Pranowo dan Ridwan Kamil di Papua dapat dimaknai secara politis sebagai tebar pesona.
Ridwan Kamil dan Ganjar Pranowo. (Foto: Tagar/Instagram/@ridwankamil)

Jakarta - Pakar Politik dari Pusat Riset Politik Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Wasisto Raharjo Jati menyebut kehadiran Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di Papua dapat dimaknai secara politis sebagai bentuk tebar pesona kepada masyarakat setempat.

“Beliau berdua pengin melihat apakah popularitas mereka terjangkau di luar Jawa? Karena selama ini yang kita lihat, mereka selalu ramai dibicarakan di sosial media maupun di daerah basis masing-masing, tapi apakah mereka yakin dengan sosok mereka bisa diterima masyarakat di luar jawa?,” ujar Wasisto saat wawancara di kanal YouTube Tagar TV, Senin, 4 Oktober 2021.


Mereka berusaha membangun lagi dialog membagun semacam kohesivitas bahwa kehadiran pejabat disana itu bukan semata-mata karena ada event nasional tetapi juga karena mereka ingin merebut hati masyarakat dikalangan akar rumput.


Wasisto Raharjo JatiWasisto Raharjo Jati saat diwawancarai Cory Olivia dikanal YouTube Tagar TV. (Foto: Tagar/Eka)

Sebelumnya, Jumat, 1 Oktober 2021, Guburnur Jawa Tengah Ganjar bersama sang istri kedapatan tiba di Bandara Sentani Jayapura dan turun lewat jalur kedatangan umum. Berbeda dengan pejabat lain yang turun di VIP Bandara, kedatangan gubernur kelahiran 1968 ini sontak memicu reaksi masyarakat dengan mengerumuninya.

Wasisto mengungkapkan Ganjar ingin dilihat sebagai pemimpin yang populis dan merakyat, terlebih saat kedatangannya, ia bersikap ramah bahkan melayani masyarakat untuk foto bersama.

Saat berada di Papua, Ganjar juga sempat datang untuk membahas PON dan ekonomi kreatif dalam siaran lokal radio di daerah tersebut. Menurut Wasisto, ini juga merupakan bagian dari penelitian program “Lapak Ganjar” yang berfokus di bidang UMKM.

“Di Jawa Tengah sendiri Ganjar terkenal dengan upaya promosi UMKM, saya pikir disini adalah bentuk sebuah tes sendiri apakah embrio program yang dicanangkan Ganjar ini berlaku di level luar jawa atau mungkin nasional? Papua dipilih untuk mengetahui apakah karakterisik yang ada di Jawa Tengah maupun Papua ini bisa diimplimentasikan di daerah lain,” ujarnya.

Berbeda dengan Ganjar yang cenderung melakukan pendekatan secara UMKM, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil lebih dikenal dengan pendekatannya pada infrastruktur yang bersifat artistik. Saat tiba di Papua, Ridwan nampak hadir dalam acara peresmian alun-alun Aimas di Kabupaten Sorong, Jumat, 1 Oktober 2021.

“Dengan menghadirkan karyanya kang Emil disitu, seolah ingin melihat bahwa kang Emil ini sosok yang menjadi arsitek pembangunan di masa depan. Kira-kira itu kesan yang diambil kang Emil ketika meresmikan karyanya di Sorong,” kata Wasisto.

Ridwan diketahui juga mengunjungi kampung wisata Yoboi yang ada di Sentani. Dalam kunjungan tersebut, Ridwan mengajak 5 orang perwakilan datang ke Bandung untuk mendapatkan pelatihan.

“Mengambil 5 anak muda ini adalah sebagai bentuk simbol politik. Artinya beliau berusaha mengafirmasi bahwa anak muda yang dibayangkan oleh kang Emil ini bukan hanya sekedar anak muda yang ada di Jawa Barat atau di Jawa sentris, tapi juga seluruh Indonesia,” ujarnya.

Wasisto juga mengungkapkan mereka berusaha untuk membumi dengan memberikan tampilan ke publik bahwa kehadiran mereka bukan sebagai bentuk rombongan yang sifatnya negara sentris, tetapi lebih pada mengajak dan membaur dengan masyarakat.

“Mereka berusaha membangun lagi dialog, membangun semacam kohesivitas bahwa kehadiran pejabat disana itu bukan semata-mata karena ada event nasional, tetapi juga karena mereka ingin merebut hati masyarakat dikalangan akar rumput,” katanya.

(Eka Cahyani)

Berita terkait
Si Cantik Dhinda Salsabila Berhasil Raih Emas PON XX Papua
Dhinda Salsabila merupakan atlet sepatu roda asal Papua berhasil sukses merebut emas di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021.
Alasan Raffi Ahmad-Nagita Slavina Jadi Ikon PON XX Papua
Raffi pun menjadi MC dalam pembukaan Pekan Olahraga Nasional atau PON XX Papua, Sabtu , 2 Oktober 2021.
Kemeriahan Pembukaan PON XX Papua, Warga: Terima Kasih PLN
Kilau lampu PLN yang mengiringi acara pembukaan PON XX Papua selama tiga jam tersebut bahkan sempat tranding topik di media sosial.
0
Ganjar dan Ridwan di Papua, Wasisto: Bermakna Tebar Pesona
Pakar Politik Wasisto Raharjo Jati menyebut kehadiran Ganjar Pranowo dan Ridwan Kamil di Papua dapat dimaknai secara politis sebagai tebar pesona.