UNTUK INDONESIA
Gaduh Pertamina, Andre Rosiade Minta Jokowi Pecat Ahok
Andre Rosiade meminta Presiden Ahok untuk segera memecat Ahok dari jabatan Komisaris Utama OT Pertamina, lantaran kerap membikin gaduh.
Anggota Komisi VI DPR RI, Andre Rosiade. (Foto: Instagram/andre_rosiade)

Jakarta - Anggota Komisi VI DPR RI, Andre Rosiade, meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mencopot Basuki Tjahaja Purnama (BTP) atau Ahok dari jabatan Komisaris Utama (Komut) PT Pertamina (Persero). Andre menilai, Ahok telah membuat gaduh dengan mengeluarkan pernyataan kontraproduktif perihal aib di Pertamina.

"Menurut saya sebagai anggota DPR Komisi VI ya, yang mitra BUMN, bahwa tidak gunanya Presiden mempertahankan Pak Basuki Tjahaja Purnama sebagai Komut Pertamina. Kenapa? Pertama, ya, yang bersangkutan selalu membikin gaduh," kata Andre kepada wartawan, dikutip Tagar pada Selasa malam, 15 September 2020.

Andre menuturkan, permintaannya agar BTP dicopot karena tak terlepas dari pernyataan perihal aib manajemen Pertamina. Menurut Andre, permasalahan internal Pertamina bukan untuk diumbar ke khalayak.

"Seharusnya Komut itu kalau ada masalah, perbaikan, dia selesaikan di internal, atau laporkan ke Menteri BUMN, tidak mengumbar ke keluar, sehingga menimbulkan kegaduhan dan memberikan citra negatif kepada Pertamina yang berjuang di semester kedua tahun 2020 ini untuk mengembalikan, mendapatkan keuntungan setelah di semester pertama rugi kan," ujar Andre.

Selain itu, Andre juga mengaku kecewa dengan upaya yang selama ini dilakukan Pertamina untuk memperbaiki kinerja. Menurutnya usaha itu justru dipatahkan dengan pernyataan-pernyataan Ahok yang cenderung negatif.

"Kalau memiliki kinerja baik, saya tanya, Pak Ahok itu bicara kilang, bicara ini, pernah enggak Pak Ahok, Pak Ahok itu ke kilang? Itu baru 1 kali, ke Tuban waktu mendampingi Presiden. Coba, pernah enggak ke kilang Pertamina yang lain?" kata Politikus Partai Gerindra tersebut.

"Lalu yang kedua, pernah enggak Pak Ahok ke unit hulu, ke unit hulu Pertamina sekali saja? Catat kapan waktunya. Lalu tunjukkan ke kita prestasi Pak Ahok itu apa sih? Apa sih yang dilakukan Pak Ahok di Pertamina? Dia klaim ini kinerjanya. Yang mana?, ujar Andre Rosiade.

Tunjukkan ke kita prestasi Pak Ahok itu apa sih?

Diberitakan sebelumnya, Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) Basuki Tjahaja Purnama (BTP) alias Ahok, membeberkan sejumlah fakta mengenai kinerja manajemen dan kecurangan yang ada dalam tubuh Pertamina.

Ahok menyebut, ada direksi yang kerap melakukan lobi kepada menteri tertentu demi memuluskan jalan memajukan orang titipannya di jajaran pimpinan BUMN tersebut.

Selain itu, melalui pernyataan yang disampaikan Ahok dalam sebuah video yang diunggah di saluran YouTube POIN. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga menuding jika rata-rata komisaris di jajaran pimpinan Pertamina merupakan titipan kementerian tertentu. []

Berita terkait
Ahok Bongkar Besaran Utang Pertamina
Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) Basuki Tjahaja Purnama (BTP) alias Ahok bongkar kebiasaan dan besaran hutang yang dimiliki Pertamina.
Ahok: BUMN Perlu Dibubarkan karena Tak Terkontrol
Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) Basuki Tjahaja Purnama (BTP) alias Ahok menyatakan Kementerian BUMN harus dibubarkan.
Subsidi Ahok akan Sisakan Masalah Bagi Bisnis Pertamina
Ferdinand Hutahaean menanggapi soal ramainya perbincangan terkait rencana pengalihan Subsidi Gas Elpiji 3 kg yang disampaikan oleh Ahok.
0
Harapan Ridwan Kamil dalam Penanganan Covid-19
Gubernur Jabar, Ridwan Kamil, usulkan koordinasi penanganan pandemi Covid-19 di wilayah Jakarta, Bogor, Depok Tanggerang dan Bakasi (Jabodetabek)