UNTUK INDONESIA
Fungsi Fitur Belanja WhatsApp dan Cara Menampilkan Katalog
Fitur baru ini berfungsi untuk membantu para pengguna akun bisnis dalam menjual barang dagangannya.
Tampilan fitur Belanja di WhatsApp. (Foto: Tagar/WhatsApp)

Jakarta - WhatsApp resmi menghadirkan fitur katalog belanja melalui pembaruan (update) terbaru di platform Android dan iOS. Fitur baru ini berfungsi untuk membantu para pengguna akun bisnis dalam menjual barang dagangannya.

WhatsApp mengatakan bahwa fitur belanja ini dihadirkan untuk memfasilitasi para pedagang yang memerlukan cara cepat dan efisien dalam mendorong penjualan dan melayani pelanggan. Fitur ini hanya tersedia bagi pengguna akun WhatsApp Business.

"Fitur ini akan membantu banyak bisnis kecil sebagai pihak yang paling merasakan dampak dari pandemi," kata WhatsApp dalam keterangan resminya, sebagaimana dikutip Tagar, Senin, 26 Oktober 2020.

Sayangnya, fitur ini hanya sebatas menghadirkan etalase produk saja tanpa bisa melakukan transaksi secara langsung. Pengguna dapat memilih barang yang tersedia dalam katalog sebuah akun WhatsApp Business dan memasukkannya ke dalam keranjang belanja. Tidak hanya itu, pengguna juga bisa memilih metode pengiriman yang dikehendaki.

Belum ada informasi mengenai metode pembayaran yang digunakan dalam fitur belanja ini. Namun belum lama ini, Facebook dikabarkan akan mengadopsi sistem pembayaran digital milik Gojek, yakni GoPay. GoPay akan menjadi salah satu metode pembayaran dalam fitur belanja WhatsApp dan akan ada metode pembayaran lain yang tersedia dalam fitur ini.

Cara Menampilkan Katalog Belanja di WhatsApp Business

Setelah katalog terbuka, selanjutnya pengguna pilih tambah produk atau layanan dengan cara mengetuk tanda tambah. Masukkan gambar produk yang pengguna inginkan, lalu masukan nama dan deskripsi singkat untuk setiap produk. Pengguna juga dapat menyertakan tautan atau kode produk untuk membantu mengecek item di katalog. Jika sudah, tekan simpan dan katalog siap ditampilkan.Untuk bisa menampilkan katalog belanja, pengguna harus terlebih dahulu mengunduh atau memperbarui aplikasi WhatsApp Business di App Store atau PlayStore. Jika sudah, buka aplikasi dan pilih Setelan untuk membuka setelan bisnis, lalu buka menu katalog.

Setelah katalog terbuka, selanjutnya pengguna pilih tambah produk atau layanan dengan cara mengetuk tanda tambah. Masukkan gambar produk yang pengguna inginkan, lalu masukan nama dan deskripsi singkat untuk setiap produk. Pengguna juga dapat menyertakan tautan atau kode produk untuk membantu mengecek item di katalog. Jika sudah, tekan simpan dan katalog siap ditampilkan.

Dalam membagikan informasi katalog kepada pelanggan, pengguna dapat melakukannya dengan berbagai caranya. Misalnya membagikan katalog di chat individual atau grup, dan membagikan keseluruhan katalog melalui Manajer Katalog. Sebagai catatan, tautan katalog dan item tidak dapat dikustomisasi sebelum dibagikan karena tautan tersebut dihasilkan secara otomatis.[]

Berita terkait
Aplikasi WhatsApp Resmi Luncurkan Fitur Belanja
Aplikasi WhatsApp resmi meluncurkan fitur belanja bagi pengguna di Indonesia yang kini bisa dinikmati lewat update terbaru.
Dikeluarkan dari Grup WhatsApp, Ini 3 Poin Waktunya Introspeksi
Tiba-tiba Anda dikeluarkan dalam grup WhatsApp. Tanda tanya besar muncul di benak. Apakah waktunya untuk introspeksi diri?
Empat Fitur Baru Segera Hadir di WhatsApp
Empat fitur baru yang akan hadir adalah Always Mute, Storage Usage UI, Tidak Ada Tombol Call Untuk Akun Bisnis Terverifikasi, dan Media Guideline.
0
Fungsi Fitur Belanja WhatsApp dan Cara Menampilkan Katalog
Fitur baru ini berfungsi untuk membantu para pengguna akun bisnis dalam menjual barang dagangannya.