UNTUK INDONESIA
Fitur-fitur yang Hadir di iOS 14
Apple tengah mengerjakan pembaruan pada iOS 14. Namun dalam versi uji cobanya beberapa fitur dalam sistem operasi ini bocor ke publik.
iOS 14. (Foto: Macrumors)

Jakarta - Apple tengah mengerjakan pembaruan selanjutnya untuk sistem operasinya, yakni iOS 14. Dalam pembaruan iOS ini akan hadir beberapa fitur baru dan dalam pengembangannya, perusahaan yang didirikan Steve Jobs ini berfokus untuk memperbaiki bug yang terdapat pada iOS 13.

Dilansir dari laman Macrumors, Selasa, 7 Maret 2020, dalam tahap versi uji coba, fitur-fitur iOS 14 sempat bocor ke publik. Berikut adalah uraian mengenai fitur-fitur yang hadir dalam iOS 14.

1. Home Screen

iOS 14 akan menawarkan opsi layar beranda yang memungkinkan untuk memindahkan widget secara bebas seperti ikon aplikasi di layar beranda. Namun opsi ini tidak tersedia untuk widget yang terdapat pada bagian 'Today' dari pusat notifikasi ketika menggeser ke kanan.

2. Aplikasi Baru

Apple sedang mengerjakan aplikasi kebugaran untuk perangkat iPhone, Apple Watch, dan Apple TV yang memungkinkan pengguna mengunduh video terkait kebugaran untuk dapat memandu pengguna dalam melakukan berbagai latihan.

Selain itu, Apple juga tengah menguji serangkaian fitur baru untuk iMessage dan fungsionalitas baru dapat dimasukkan dalam pembaruan iOS 14. Salah satunya adalah fitur Slack-like yang memungkinkan pengguna untuk membisukan percakapan, tapi tetap menerima pemberitahuan saat ada penyebutan di dalam percakapan tersebut.

Kemudian fitur menarik kembali percakapan atau retract pesan juga akan tersedia untuk di iMessage jika terjadi kesalahan pengiriman. Penarikan kembali pesan ini akan terlihat oleh kedua belah pihak. Lalu dalam pembaruan tersebut juga ada fitur "tandai belum dibaca" pada iMessage yang membantu untuk menandai pesan yang lebih penting.

Fitur retract pesan di iOS 14Fitur penarikan kembali atau retract pesan yang akan hadir pada iOS 14. (Foto: Macrumors)

3. Augmented Reality Baru

Apple sepertinya berencana untuk memperkenalkan augmented reality (AR) baru mereka di iOS 14, yang diberi nama kode Gobi. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang keadaan di sekitar mereka melalui AR.

4. Mengatur Aplikasi Pihak Ketiga Sebagai Default

Pada pembaruan iOS 14, pengguna iPhone dan iPad dapat mengatur aplikasi surat, browser, dan musik pihak ketiga sebagai default, alih-alih aplikasi Apple sendiri.

Perubahan itu akan memungkinkan aplikasi seperti Google Chrome dan Gmail ditetapkan sebagai aplikasi default di perangkat iOS, dengan demikian saat mengetuk tautan atau alamat email, tidak akan membuka melalui aplikasi bawaan Apple saja. Kemudian perubahan ini juga akan memungkinkan aplikasi musik dapat digunakan dengan HomePod yang diintegrasikan dengan Siri, sesuatu yang tidak ada dalam Apple Music saat ini.

Apple mempertimbangkan langkah ini setelah mendapat kritikan yang menyatakan bahwa aplikasi mereka memiliki keuntungan yang tidak adil atas aplikasi pihak ketiga. Memang saat ini aplikasi bawaan Apple diatur secara default dan tidak dapat diganti. Namun perubahan ini masih dalam tahap perencanaan, dan masih ada kemungkinan Apple tidak akan merealisasikannya.

5. Pembaruan Fitur Find My iPhone

Dalam pembaruan iOS 14, fitur Find My iPhone akan sangat membantu bagi orang tua dalam memantau anaknya. Pasalnya, pembaruan pada fitur ini memungkinkan orang tua untuk melacak anaknya, misalkan saat sekolah, orang tua dapat mengatur peringatan ketika anaknya tidak tiba di sekolah pada waktu tertentu. Jadi, jika anak tidak sampai sekolah pada batas waktu tertentu, maka peringatan akan dikirimkan.

6. CarPlay

CarPlay pada iOS 14 dapat mendukung wallpaper khusus yang ditampilkan pada antarmuka CarPlay. Wallpaper ini juga akan beralih antara mode terang dan gelap berdasarkan waktu.

7. CarKey

Petunjuk tentang API "CarKey" baru ditemukan di pembaruan iOS 13.4, yang kemungkinan pada iOS 14, iPhone akan mendukung untuk mengunci dan membuka kunci mobil, serta dapat menyalakan mobil dengan bantuan fitur NFC. Pengguna dapat menggunakan perangkat mereka sebagai pengganti kunci mobil fisik.

CarKey iOS 14Fitur CarKey akan hadir dalam iOS 14. (Foto: Macrumors)

Sejauh ini, produsen otomotif asal Jerman, BMW, akan menjadi salah satu mitra Apple dalam menerapkan teknologi CarKey pada kendaraannya.

8. Apple Maps

Apple Maps dalam pembaruan iOS 14 akan memberikan informasi tambahan untuk bisnis tertentu, seperti layanan bar tertentu yang ditawarkan oleh Apple Store dan bioskop dengan waktu tayang IMAX.

9. iCloud Keychain

Dalam pembaruan iOS 14, iCloud Keychain akan menyertakan peringatan setiap kali kata sandi digunakan kembali. Artinya pembaruan ini mendorong pengguna untuk memilih kata sandi yang berbeda setiap kali login.

Kemudian Apple juga tampaknya akan menambahkan otentikasi dua faktor dalam penyimpanan kata sandi. Pembaruan ini memungkinkan iCloud Keychain menghasilkan kode otentikasi dua faktor untuk mencegah perlunya aplikasi otentikasi dua faktor.

iCloud Keychain iOS 14Apple memberikan pembaruan pada iCloud Keychain di iOS 14. (Foto: Macrumors)

10. Pembaruan PencilKit Apple

Pembaruan PencilKit di iOS 14 memungkinkan pengguna untuk menuliskan teks dalam bidang input teks apa pun menggunakan Apple Pencil. Tulisan tangan tersebut nantinya akan dikonversi menjadi teks standar sebelum dikirim.

Sebagai contoh, pengguna dapat menulis pesan kepada seseorang dengan menggunakan Apple Pencil, kemudian akan dikonversi menjadi teks yang lebih mudah dibaca, dan kemudian dikirimkan.

Fitur PencilKit baru ini kemungkinan akan berfungsi untuk platform input teks apa pun di iOS, yang membuatnya kompatibel dengan pesan, catatan, pengingat, Mail, dan banyak lagi.

11. Paket Wallpaper Pihak Ketiga

Apple mungkin berencana untuk memperkenalkan dukungan untuk paket wallpaper pihak ketiga di iOS 14. Hal ini memungkinkan pengembang untuk membuat opsi wallpaper untuk iPhone yang dapat diinstal melalui bagian wallpaper pada pengaturan ponsel.

Wallpaper iOS 14Apple dikabarkan akan menerapkan kategori wallpaper dan juga memperkenalkan dukungan untuk paket wallpaper pihak ketiga di iOS 14. (Foto: Macrumors)

Selain itu, Apple juga dikabarkan akan menerapkan kategori wallpaper yang memungkinkan pengguna untuk bisa memilah opsi wallpaper yang tersedia dengan  lebih baik.

12. Pembaruan Aksesibilitas

Aksesibilitas akan mendapatkan pembaruan pada iOS 14 dan akan menghadirkan beberapa fitur baru, seperti fitur deteksi suara alarm kebakaran, ketukan pintu, bel pintu, dan lainnya. Pembaruan ini ditujukan bagi pengguna yang memiliki masalah pendengaran.

Kemudian akan ada fitur yang memungkinkan kamera mendeteksi gerakan tangan, dan Apple juga dapat memperkenalkan Audio Accommodations yang dapat meningkatkan kualitas audio pada perangakat AirPods atau EarPods. Fitur ini ditujukkan untuk pengguna yang memiliki gangguan pendengaran ringan hingga sedang.

Perangkat yang Kompatibel dengan iOS 14

Rumornya iOS 14 ini akan kompatibel dengan semua iPhone yang menerima iOS 13, termasuk perangkat keluaran lama seperti iPhone SE dan iPhone 6S. 

Berikut adalah daftar perangkat yang kompatibel dengan pembaruan iOS 14, dan daftar ini masih belum final dan masih dapat berubah.

  • iPhone 11 Pro
  • iPhone 11 Pro Max
  • iPhone 11
  • iPhone XS
  • iPhone XS Max
  • iPhone XR
  • iPhone X
  • iPhone 8
  • iPhone 8 Plus
  • iPhone 7
  • iPhone 7 Plus
  • iPhone 6s
  • iPhone 6s Plus
  • iPhone SE
  • iPod touch (7th generation)

Sementara untuk perangkat iPad, iOS 14 ini akan hadir untuk semua iPad yang menjalankan sistem operasi iOS 13, dengan pengecualian iPad Mini 4 yang dirilis September 2015 dan iPad Air 2 yang rilis Oktober 2014. 

Berikut perangkat iPad yang dapat menjalankan iPadOS 14, dan perlu ditekankan bahwa daftar ini masih dapat berubah.

  • iPad Pro 12,9 inci
  • iPad Pro 11 inci
  • iPad Pro 10,5 inci
  • iPad Pro 9,7 inci
  • iPad generasi ke-7
  • iPad generasi ke-6
  • iPad generasi ke-5
  • iPad mini generasi ke-5
  • iPad Air generasi ke-3

Tanggal Perilisan iOS 14

iOS 14 akan dipratinjau dalam Konferensi Pengembang Dunia 2020 pada Juni mendatang. Namun belum ada kepastian terkait pelaksanaan acara ini, mengingat wabah virus corona yang melanda beberapa negara di dunia, termasuk Amerika Serikat (AS) yang akan menjadi lokasi penyelenggaraan acara ini.

Setelah dilakukan pratinjau, iOS 14 ini akan diberikan kepada pengembang untuk dilakukan pengujian, diikuti oleh kelompok pengujian beta publik Apple. Pengujian Beta diperkirakan selesai pada musim gugur atau akhir tahun 2020, setelah itu barulah sistem operasi ini akan dirilis ke publik bersamaan dengan iPhone baru.[]

Berita terkait
iOS 12.4.6 Rilis untuk iPhone 5s, 6 dan iPad Lama
Apple akan meluncurkan pembaruan iOS 12.4.6 bagi perangkat-perangkatnya yang berasal dari generasi lama.
iPhone 9 akan Meluncur dengan Nama iPhone SE
Bukan iPhone 9, Apple akan meluncurkan ponsel entry level-nya dengan nama iPhone SE.
iPhone 12 Pro akan Hadir dengan LiDAR Sensor
Seri iPhone 12 diperkirakan akan hadir dengan tiga lensa kamera dan juga LiDAR Sensor.
0
Wanita, Tersangka Baru Pembunuhan Wartawan Demas Laira
Kepolisian Mamuju Tengah kembali menetapkan satu tersangka baru dalam kasus pembunuhan wartawan Demas Laira.