UNTUK INDONESIA
Final Piala Gubernur Jatim dan Kebangkitan Persija
Persija Jakarta menaklukkan Madura United 2-1 di semifinal Piala Gubernur Jatim 2020. Sukses itu jadikan Persija kian diperhitungkan di liga.
Persija Jakarta menaklukkan Madura United 2-1 di semifinal Piala Gubernur Jatim 2020 di Stadion Kanjuruhan, Malang, Senin 17 Februari 2020. Striker Persija Marko Simic saat merayakan gol yang diciptakannya. (Foto: ANTARA/Ari Bowo Sucipto/wsj)

Malang - Persija Jakarta menunjukkan kebangkitannya saat menaklukkan Madura United 2-1 di semifinal Piala Gubernur Jatim 2020 di Stadion Kanjuruhan, Malang, Senin 17 Februari 2020. Keberhasilan lolos ke final turnamen pramusim ini menandai Persija bersama Marko Simic bakal menjadi salah satu tim yang diperhitungkan di kompetisi Liga 1 2020. 

Persija yang melakukan perombakan berhasil bangkit setelah terpuruk di musim 2019. Kegagalan Macan Kemayoran di musim lalu menjadi pelajaran berharga. Itu menjadi catatan buruk karena mereka berstatus juara bertahan Liga 1. 

Tak hanya memenangi liga musim 2018, Persija, saat itu, meraih gelar ganda dengan menjadi kampiun di Piala Presiden. Di final turnamen pramusim itu, Persija menghajar Bali United 3-0. Sukses itu kian lengkap setelah Marko Simic, striker Kroasia yang didatangkan dari Malaysia menjadi top scorer dengan 11 gol.

Kami bermain empat kali selama tujuh hari. Tentu, ini jadwal yang tidak bagus karena mengakibatkan kami mengalami sedikit kelelahan

Saat memasuki musim 2019, Persija pun mencanangkan target mempertahankan gelar juara sekaligus membidik Piala AFC dan Piala Indonesia. Namun yang terjadi justru kebalikannya. 

Persija ambyar dan hanya bisa berkutat di papan bawah. Bahkan tim sempat masuk zona degradasi. Persija sampai berganti tiga pelatih sebelum memastikan bertahan dengan berada di papan tengah liga. 

Pencapaian Persija Tak Mengecewakan

Kini, Persija mengawali musim 2020 dengan pencapaian yang tak mengecewakan. Keberhasilan melaju ke final Piala Gubernur Jatim menunjukkan mereka bakal kembali diperhitungkan di kompetisi. 

Menariknya, Persija tak menurunkan skuat terbaik di turnamen tersebut. Pelatih Sergio Farias masih menyimpan gelandang Marc Klok yang direkrut dari PSM Makassar. Namun eks bek Juventus, Marco Motta, sudah diturunkan. Motta memang butuh adaptasi karena sepanjang kariernya, dia lebih banyak bermain di Eropa.  

Dan, the last but not least, Simic yang sama sekali tak menurun ketajamannya. Dia menjadi top scorer sementara dengan mengoleksi lima gol. Ini seperti mengulang kesuksesannya di Piala Presiden 2018. 

Di laga terakhir Piala Gubernur Jatim, dirinya membobol gawang Madura United. Gol cepat saat laga baru berjalan empat menit menjadikan Persija unggul lebih dulu. Gol itu kembali memperlihatkan gerak cepat dan refleks sang predator saat memanfaatkan bola liar. 

Persija vs Madura UnitedPersija Jakarta menghadapi kelelahan pemain setelah lolos ke final Piala Gubernur Jatim 2020. Gelandang Rohit Chand (kiri) menjadi salah satu pemain yang lelah karena selalu dimainkan. Tampak Chand dibayangi bek Madura United Jaimerson Da Silva Xavier di laga semifinal yang dimenangkan Persija 2-1. (Foto: ANTARA/Ari Bowo Sucipto/wsj)

Kemenangan Persija ditentukan Novri Setiawan di babak kedua. Gol Novri tercipta di menit 57. Selanjutnya, Madura United hanya bisa memperkecil ketinggalannya melalui Alberto 'Beto' Goncalves menit 72. Sundulan pemain naturalisasi asal Brasil ini menyelesaikan tendangan bebas dari Greg Nwokolo yang mengubah kedudukan menjadi 2-1.

Di final yang digelar pada Kamis, 20 Februari 2020, Persija menunggu lawan antara Persebaya Surabaya dan Arema FC. Mereka baru akan berhadapan memperebutkan satu tiket ke final di Blitar, Selasa, 18 Februari 2020 sore ini. Laga semifinal, sebelumnya, akan dimainkan di Malang, namun kemudian dipindahkan ke Blitar. 

Tak Soal Siapa Lawan di Final

Pelatih Farias tak mempersoalkan siapa yang menjadi lawan Persija di final. Keduanya sama-sama diperhitungkan karena memiliki kualitas yang tak diragukan. 

Farias justru memperhatikan kondisi stamina pemain yang kelelahan karena menjalani laga yang padat di turnamen itu. Repotnya, pelatih asal Brasil ini selalu menampilkan tim utama di setiap pertandingan.

"Kami bermain empat kali selama tujuh hari. Tentu, ini jadwal yang tidak bagus karena mengakibatkan kami mengalami sedikit kelelahan," kata Farias. 

Kondisi kelelahan itu menjadikan pemain tak bisa tampil maksimal. Menurut dia, tim mengalami penurunan kualitas permainan saat melakoni pertandingan dengan Madura United. Terutama pemain yang selalu dimainkan di setiap pertandingan seperti Simic, Riko Simanjuntak dan Rohid Chand. 

"Usai laga semifinal dan memastikan tiket final, saya putuskan mereka beristirahat sebelum laga final," ujarnya.

Sementara, pelatih Madura United Rahmad Darmawan merasa puas dengan performa tim asuhannya. Dia tetap memuji penampilan tim meski tetap kecewa dengan kekalahan. []

Berita terkait
Arema FC Vs Persija, Upaya Hindari Persebaya
Duel klasik Arema FC melawan Persija Jakarta di Grup B Piala Gubernur Jatim 2020. Mereka mencoba hindari pertemuan dengan Persebaya di semifinal.
Persija Jakarta Harus Kerja Keras Kalahkan Sabah FA
Persija Jakarta menaklukkan Sabah FA 2-0 dalam laga lanjutan Piala Gubernur Jatim 2020. Namun Persija mengalami kesulitan mengalahkan lawannya.
Simic Hat-trick, Persija Taklukkan Persela di Malang
Persija Jakarta meraih kemenangan besar dengan menaklukkan Persela Lamongan 4-1 di laga pertama Grup B Piala Gubernur Jatim 2020.
0
Orang Tua Ajari Anak Jaga Kebersihan Cegah Corona
Dampak dua warga Depok terinfeksi virus Corona, membuat orang tua murid SDN Anyelir 1 Depok resah dan khawatir.