UNTUK INDONESIA

Film 15 Killings (2020) Mengingatkan Darah Dingin Ryan Jombang

Apa kejadian nyata memacu seseorang membuat film, atau menonton film memicu seseorang melakukan sesuatu. Film 15 Killings 2020 dan Ryan Jombang.
Dokter Kentyl, ahli saraf, spesialis neurologi, diperankan Maria Olsen (kiri) berbicara dengan tokoh Norris diperankan Steve Bongeorno dalam film 15 Killings (2020). (Foto: Tagar/High on Films)

Jakarta - Apakah kejadian nyata menginspirasi seseorang membuat film, atau menonton film menginspirasi seseorang melakukan sesuatu. Film 15 Killings (2020) mengingatkan pada darah dingin penjagal bengis dari Jombang, Very Idham Henyansyah, atau lebih terkenal dengan sebutan Ryan Jombang.

Suram, seram sepanjang film, walau merah warna darah disamarkan dengan hitam putih, tetap saja aura ngeri terlalu dominan. Tidak direkomendasikan untuk ditonton anak-anak, kecuali kalau sangat terpaksa entah faktor apa sebaiknya dengan pendampingan orang tua.

Begitu dingin, kosong, hampa, tanpa emosi tokoh Norris yang diperankan Steve Bongeono. Orang-orang di sekitarnya mengenalinya sebagai sosok baik-baik. Ya ada teman kantornya yang melihatnya kesepian, tapi ia tak pernah berpikir terlalu jauh. Norris sangat pandai memanipulasi.


Film 15 Killings (2020)Tokoh Norris di balik jeruji besi penjara dalam film 15 Killings. (Foto: Tagar/Microsoft)


Norris punya kebiasaan yang hanya ia sendiri yang tahu. Bagi beberapa orang yang tidak menyadari maut di depan mata, Norris seperti malaikat penolong yang berbaik hati menawarkan makanan, tempat tinggal. Orang-orang itu tidak menyadari sedang masuk ke dalam kandang singa.

Pembunuhan pertama hingga kelima belas terjadi, Norris tetap bekerja seperti biasa, seperti tidak terjadi apa-apa. Tidak pernah ada kesedihan, penyesalan. Satu-satunya yang membuat sedih adalah kematian seekor anjingnya. 

Tak ada perjuangan polisi di sini. Sampai akhirnya polisi datang ke apartemennya, Norris dengan tenang menunjukkan rahasianya. Justru polisi yang merasa bersalah, tidak tahu apa-apa, tidak melakukan sesuatu, bagaimana menjelaskan kepada keluarga-keluarga tentang anak-anak mereka yang hilang bertahun-tahun dan tak ada wujudnya kini. Tersangka tanpa korban.

Masa kecil Norris juga diungkap, sesuatu yang bisa menjadi indikasi seseorang akan menjadi psikopat kelak dewasa apabila tidak ditangani secepat mungkin. 

Lewat dokter Kentyl, ahli syaraf, spesialis neurologi, yang diperankan Maria Olsen, penonton mendapatkan pengetahuan ilmiah, penjelasan medis tentang otak manusia, kenapa seseorang menjadi psikopat, apakah itu takdir? Atau itu penyakit yang bisa disembuhkan?

Baca juga: 20 Film Tentang Isa Almasih (Yesus Kristus)





Berita terkait
Menengok Video Klip Lagu Film Out Milik BTS
Grup boyband K-Pop Bangtan Sonyeondan (BTS) resmi merilis video musik untuk lagu Film Out, pada Kamis, 1 April 2021.
Lirik Lagu Film Out - BTS Lengkap dengan Terjemahan Bahasa Inggris
Berikut lirik lagu Film Out milik BTS, lengkap dengan terjemahan Bahasa Inggris-nya.
Video: Risen 2016 dan Sederet Film Bertema Paskah
Sederet film ini di antaranya Risen (2016) diikat dengan benang merah yang sama, yaitu bertema Paskah. Film apa saja, yuk cek dalam video di sini.
0
Personel Idola K-Pop Mamamoo Ungkap Kuliner Indonesia Favorit
Grup idola K-Pop Mamamoo menyuguhkan penampilan enerjik mereka dalam gelaran Shopee 4.4 Mega Shopping Day pada Minggu malam, 4 April 2021.