UNTUK INDONESIA
Fiat Bangun Pabrik Baterai Mobil Listrik di Turin
Fiat Chrysler, produsen mobil Italia akan membangun pabrik baterai mobil listrik dengan nilai investasi mencapai 56 juta dolar AS
Ilustrasi mobil listrik (Foto: Pixabay)

Jakarta - Perusahaan otomotif Fiat Chrysler Automobiles akan membangun pabrik baterai mobil listrik di kota Turin, Italia dengan nilai investasi mencapai 56 juta dolar Amerika Serikat (AS) atau setara Rp 784,5 miliar. Dalam sebuah pernyataanya, Fiat Chrysler menyebutkan bahwa baterai yang diproduksi di pabrik ini untuk mobil listrik terbaru yang akan segera diluncurkan.

Seperti diberitakan dari Reuters, Selasa, 22 Oktober 2019, pembangunan pabrik baru itu merupakan bagian dari rencana investasi senilai 5 miliar dolar AS selama 2019 - 2021. Dalam rencana yang telah diungkapkan perusahaan tahun lalu, dana investasi itu untuk memproduksi mobil listrik, hibrid (mobil listrik yang masih menggunakan bahan bakar minyak). Selain itu juga untuk meningkatkan kapasitas produksi. Pabrik baterai baru ini mulai beroperasi tahun depan.

Perusahaan menyatakan antara tahun 2020 dan 2021, Fiat Chrysler akan memproduksi mobil listrik versi 500. Selain itu juga memproduksi varian hibrid, Meserati, hibrid jenis jeep, Compas dan Renegade serta hibrid Panda.

Sebelumnya produsen mobil asal Amerika Serikat, General Motors juga mengkonfirmaskan akan membangun fasilitas pembuaan sel baterai mobil laut. Pabrik ini berlokasi di timur laut Ohio, Amerika Serikat.

Berita terkait
Mobil Listrik Pertama Mazda di Tokyo Motor Show 2019
Mazda listrik model SUV ini mampu berlari sejauh hingga 241 kilometer dalam kondisi baterai penuh.
Enam Mobil Listrik China Mejeng di Pameran Otomotif
China merupakan pasar kendaraan listrik terbesar di dunia, mencapai 1,2 juta unit kendaraan listrik dan hybrid pada 2018.
Mengulik Enam Mobil Listrik Termurah di Dunia
Mobil listrik akan menjadi pilihan konsumen dalam beberapa tahun mendatang.
0
Pendidikan Gowa Jadi Teladan Penggunaan IT di Sulsel
Kabupaten Gowa menjadi satu-satunya dari Sulawesi Selatan menerima penghargaan Anugerah Kihajar 2019.